Ramadhan Berkah, MI Muhammadiyah Kenteng Salurkan Zakat Fitrah

Kulon Progo (MIMKenteng) – Marhaban ya ramadhan, di tengah-tengah pandemi Covid-19 sangat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat saat ini, tentunya banyak menuai perhatian untuk semua kegiatan, baik kegiatan ibadah, KBM (kegiatan belajar mengajar) maupun kegiatan ekonomi. Namun ramadhan ini bisa dijadikan momen untuk  terus berbagi kepada sesama umat manusia

Zakat yang diperoleh berupa beras dan uang tunai, semua berasal dari seluruh warga sekolah MI Muhammadiyah Kenteng. Pengumpulan kepada amil zakat Teguh Cahyana,S.Pd.I di rumahnya mulai tanggal (30/4/2020) sampai tanggal (2/5/2020). Sistem pengumpulan dibuat jadwal perkelas untuk menghindari terciptanya kerumunan dan berpedoman pada social distancing yang dikumpulkan semua siswa. Beras yang terkumpul mencapai 175 kg dan uang tunai sebesar Rp 280.000,00.

Rujito,S.Pd.I,M.Pd selaku Kepala Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kenteng menjelaskan bahwa semua beras dan uang yang sudah terkumpul akan langsung dialokasikan kepada yang berhak membutuhkan, supaya bisa segera dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing penerima zakat. Alumni MI Muhammadiyah Kenteng juga turut serta untuk menjadi panitia zakat, supaya tetap ada jalinan silaturahmi dengan madrasah.

“Berdasarkan hasil rekap yang sudah dilakukan, terdapat kurang lebih 17 siswa per @ 5 kg, 14 warga sekitar MI Muhammadiyah Kenteng,  2 amil zakat dan  guru GTT. Zakat dibagikan secara merata dengan sistem door to door dengan dibantu oleh alumni sehingga pembagian zakat dapat terlaksana dengan lancar,” tegas Teguh Cahyana,S.Pd.I.

“Mari bersama mengisi kegiatan di bulan suci ramadhan ini dengan kegiatan yang bermanfaat, saling membantu dalam kebaikan dan saling menasehati jika ada yang berbuat kemungkaran, tidak lupa saling berbagi kepada sesama, seperti yang disebutkan dalam hadis nabi.”

“Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah,” terang Rizco Ardhian Saputro, salah satu guru. (ras/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.