Berharap Tokoh Agama Beri Literasi dan Edukasi, KUA Girimulyo Gelar Pembinaan

Kulon Progo (KUA Girimulyo) – Tokoh Agama dan tokoh masyarakat harus bisa memberi literasi dan edukasi kepada warga. Karena itu diupayakan agar para tokoh selalu memberikan pendampingan kepada warga masyarakat di masa pandemi Covid-19 menuju kehidupan new normal. Hal itu diungkapkan Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) KUA Girimulyo, Akhiru Nurul Ummah, S.Sos.I., MSI saat memberikan Pembinaan pada tokoh agama dan tokoh masyarakat di Kantor Kalurahan Pendoworejo, Girimulyo, Kamis (25/6/2020) pagi.

“Tokoh agama dan tokoh masyarakat Kalurahan Pendoworejo agar bisa memberi literasi dan edukasi kepada masyarakat kaitan dengan pendampingan masyarakat di masa pandemi menuju ke kehidupan new normal. Tokoh agama juga bisa menjadi  penyejuk bagi umatnya, jangan membuat keresahan di masyarakat, jangan menakut-nakuti kaitan dengan dengan pandemi Covid-19,” pesan Nurul.

“Pendampingan spiritual bisa dilakukan para tokoh dengan memberikan motivasi agar umat tetap meningkatkan keimanan ketaqwaan. Namun demikian di masa pandemi ini juga harus tetap  waspada,” imbuhnya.

“Selain itu, tokoh agama bisa menjadi contoh yang baik bagi masyarakat Dalam menaati aturan  protokol kesehatan. Tokoh agama juga harus bisa memanfaatkan media sosial dengan bijaksana,” pungkas Nurul di hadapan para rohaniawan Islam dan prodiakon Kristen serta Katolik itu.

Sementara itu Kepala KUA Girimulyo, Marqum Muh Zumarodin, S.Pd.I. pada kesempatan itu juga menyampaikan tentang managemen konflik dalam mengatasi problematika keluarga. Dalam paparannya antara lain Marqum menegaskan tentang fungsi keluarga. Adapun fungsi keluarga menurutnya meliputi fungsi agama, kasih sayang, perlindungan, sosial budaya, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi, serta pembinaan lingkungan. (abi)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.