Guru MTsN 6 Kulon Progo Lolos Menulis Quote Sebuku dengan Ganjar Pranowo

Kulon Progo (MTsN 6 KP) – Dengan seleksi yang cukup ketat bersama ribuan peserta se-Indonesia, empat guru MTsN 6 Kulon Progo berhasil lolos menulis quote sebuku dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Keempatnya adalah : Sutanto (guru seni budaya), Marwati, Ani Romadhoni (keduanya guru bahasa inggris) dan Nursinah (guru bahasa indonesia).

Sutanto menulis, bahwa hidup ibaratnya sebuah pengembaraan. Setiap insan harus mempersiapkan diri dengan bekal kebajikan. Meski aral melintang disepanjang perjalanan, mesti dihadapi dengan senyum dan keikhlasan. Marwati yang juga mengampu Waka Urusan Kurikulum, mengemukakan bahwa seorang manusia hendaklah menjadi seperti air. Walau kadang tak tampak ada penghalang, tetap bergerak tuk sampai tujuan. Sementara itu Ani Romadhoni memaknai tentang WFH, menurutnya Work From Home bukan berarti berleha – leha di rumah. Akan tetapi kita bekerja dari rumah dengan memanfaatkan waktu yang semoga berkah, menjalani dengan ikhlas dan tabah, sehingga mendapat ilmu dan silaturahmi yang barokah.

Menurut Nursinah Kepahitan hidup yang kita rasakan sekarang akan menjadi buah manis kehidupan yang akan datang. Maka harus dihadapi dengan keikhlasan, karena keikhlasan itu merupakan cermin kesabaran. Keempat karya tersebut telah dikirim sebelum batas akhir dan semuanya dinyatakan lolos.

Kepala MTsN 6 Kulon Progo, Imam Syamroni turut bangga dengan semakin banyak guru di madrasahnya yang turut aktif menulis. “Semoga dapat diikuti guru yang lain,” ungkap Imam, Selasa (2/6/2020).

Founder KYM Vitriya Mardiyati menjelaskan, karena kolaborasi dengan tokoh kharismatik, Ganjar Pranowo, seleksinya lebih ketat dibanding even lain.
Peserta telah melewati beberapa tahapan untuk dapat ikut dalam even ini. Mulai dari perekrutan peserta, koordinatornya harus anggota KYM. Quote yang dibuat maksimal 50 kata. Temanya tentang nilai kebaikan, naskah harus sudah diedit ejaan dan tanda baca, tak boleh plagiat, tak boleh mengandung ujaran kebencian apalagi menyinggung SARA.
Untuk even Quotes kali ini semua dari tim dan penerbit yang menyeleksi, jadi hanya karya terbaik yang lolos. Ada sekitar 1.031 quote yang terpilih.

Namun Gubernur Jawa Tengah tersebut ingin 1.031 quote tersebut dibagi dalam buku berseri (ada 3 seri) dengan pertimbangan, agar buku nampak lebih elegan dan tidak terkesan remeh.
“Buku jangan terlalu tebal agar nyaman membacanya. Karena kekuatan quote itu pada pemaknaan yang terkristalisasi dalam kalimat pendek,” tegas Vitriya mengutip pernyataan Ganjar Pranowo. (tan/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.