Istimewa dan Berkesan, Penyerahan Siswa Musera Secara Online

Kulon Progo (MUSERA) – Pandemi Covid-19 yang belum juga mereda mengharuskan kita untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Bertepatan dengan berakhirnya masa pembelajaran tahun pelajaran 2019/2020, MI Muhammadiyah Serangrejo menggelar penyerahan kembali siswa kelas VI secara online sebagai salah satu wujud keikutsertaan menjaga dan mematuhi anjuran pemerintah, pada Rabu (17/6/2020). Acara tersebut dihadiri dan disaksikan oleh komite, wali, siswa, serta guru dan karyawan MI Muhammadiyah Serangrejo.

Penyerahan kembali siswa kelas VI Musera dilaksanakan secara online melalui Whatsapp Group Wali Kelas VI. Musera memilih menggunakan media Whatsapp dalam pelaksanaan acara tersebut, karena  dinilai lebih efektif, mudah, dan menyeluruh. Sehingga dapat dijangkau oleh semua tamu undangan. Ini merupakan kali pertama MI Muhammadiyah Serangrejo melaksanakan acara penyerahan kembali siswa kelas VI secara online.

Acara dimulai tepat pukul 20.00 WIB setelah semua undangan siap. Istiqomah, selaku moderator dalam acara tersebut menyampaikan petunjuk pelaksanaan yang harus dipatuhi oleh seluruh anggota grup. Selanjutnya, beliau menyampaikan susunan sekaligus membuka acara.
Tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan sebuah acara yang dilakukan secara tatap muka langsung pada umumnya, penyerahan kembali siswa kelas VI Musera ini juga berjalan dengan lancar dan semua anggota dapat mematuhi tata tertib yang telah disetujui.

Hanya saja, keterbatasan fitur yang ada dalam media Whatsapp tidak memungkinkan semua undangan untuk terlibat langsung secara virtual, sehingga ada beberapa hal seperti pembacaan qalam wahyu illahi, sambutan dan sebagainya disampaikan menggunakan teks dan video. Akan tetapi, hal ini tidak mengurangi kekhidmatan jalannya acara.

Kepala MI Muhammadiyah Serangrejo, Sumarsih, mengungkapkan bahwa tahun ini sangat istimewa dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan ditiadakannya Ujian Nasional bagi kelas VI. Meskipun begitu, beliau melihat siswa kelas VI tetap bersemangat dalam mengikuti satu per satu proses yang dilalui.
“Saya ucapkan selamat kepada anak-anakku, siswa kelas VI yang telah dinyatakan lulus pada Senin (15/6/2020). Semoga bisa menjadi anak yang shalih shalihah, berbakti, berguna bagi orangtua, nusa dan bangsa serta apa yang dicita-citakan selama ini dapat terwujud.” ungkapnya dalam sambutan sekaligus penyerahan kembali secara resmi yang disampaikan melalui video.

Menangapi hal yang disampaikan Kepala MI Muhammadiyah Serangrejo, Imam Muadin selaku perwakilan wali murid kelas VI, menyatakan menerima kembali putra/putri mereka yang selama 6 tahun telah menimba ilmu di madrasah. Imam juga memohon doa restu, agar putra/putrinya dapat melanjutkan proses belajar ke jenjang yang lebih tinggi, diberikan kemudahan serta kelancaran.
“Terima kasih atas pengabdian dan perjuangan bapak/ibu guru. Semoga MI Muhammadiyah Serangrejo dapat berkembang menjadi lebih baik dan terus memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar dan negara dalam upayanya mencerdaskan kehidupan bangsa,” ucapnya.

Setelah pembacaan Surat Keputusan Kelulusan oleh Suryono, wali kelas VI, penyerahan kembali siswa kelas VI Musera 2019/2020 selesai dan ditutup dengan doa.

Pandemi Covid-19 membuat kita belajar dan telah mengubah banyak hal yang menuntut kesiapan kita untuk beradaptasi dengannya. Ditengah keterbatasan tersebut, kita tetap bisa ciptakan hal istimewa dan berkesan. (del/abi)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

3 replies
  1. Supriyanto, S. Ag
    Supriyanto, S. Ag says:

    Selamat kepada Musera yang mengadakan penyerahan siswa kelas VI Tanun 2020.
    Ini merupakan psrtanda bahwa siswa telah selesai menempuh jenjang pendidikan di Musera walaupun baru adanya wabah covid 19 namun berkat kegigihan bapak ibu dalam mendampingi para siswa sehingga tetap melaksanakan tugas dengan baik demi untuk kemajuan dan prestasi siswa.
    Muda-mudahan ilmu yang telah diberikan pada siswa baik ilmu pengetahuan, ketrampilan, dan karakter sebagi bekal dan pondasi yang kuat untuk menepuh pendidikan dijenjang atasnya, juga sebagai amal saleh dan amal jariyah bapak ibu semua, Aamiin

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.