MAN de MOTEFA Masuk TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik, Dukung Kami Menuju TOP 1

Kulon Progo (MAN2KP) – Ini merupakan pengalaman pertama bagi Kementerian Agama lolos ke jajaran 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPPP) yang diselenggarakan Menpan RB (Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI) Tahun 2020. Diwakili Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta dengan inovasi MAN 2 Kulon Progo yang berjudul MAN de MOTEFA (Madrasah Aliyah Negeri dengan Modifiled Teaching Factory).
Program tersebut berupaya menciptakan madrasah technopreneur, yakni memiliki kemampuan dalam ilmu agama, ilmu umum, dan keterampilan berwirausaha. Menjawab kebutuhan Kabupaten Kulon Progo akan tersedianya Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan berakhlak luhur.

Tentu perjuangan ini tidak mudah. Mulai dari waktu penyelenggaraan yang saat itu di awal masa pandemi dimana pengumpulan data dan koordinasi tim hanya bisa dilakukan secara virtual. Perang opini dalam penyusunan proposal, PPT, hingga video adalah bumbu perjuangan tim yang luar biasa. Energi semakin menguat tatkala diumumkan MAN de MOTEFA tertulis jelas di nomor 1, masuk jajaran TOP 99 dari sekian Kementerian yang turut serta dalam kompetisi. Bismillah semoga, nomor 1 ini mengikuti hingga akhir perjuangan nanti.

Sadar hal tersebut, perjuangan akan semakin berat. Namun, dukungan Kanwil Kemenag DIY dan Kemenag Pusat sungguh menjadi asa yang membara. Tak main-main, Direktur GTK Madrasah Prof. Dr. Suyitno,M.Ag., Direktur KSKK Madrasah Dr. H. Ahmad Umar,M.A., beserta jajarannya, Kakanwil DIY Drs. H. Edhi Gunawan, M.Pd.I., Kabag TU H. M Wahib Jamil, S.Ag., M.Pd., setia mengawal dan membimbing perjalanan MAN de MOTEFA. Bahkan dalam perjuangan pagi ini, Senin (29/6/2020), Menteri Agama siap memberikan dukungan dengan menjadi presenter final.

Beberapa masukan yang disampaikan Direktur GTK dan Direktur KSKK Madrasah di hari pertama gladi resik pun langsung dieksekusi tim. Hingga jelang siang Minggu (28/6/2020) kerja keras tim hasil revisian berupa PPT berhasil dikirim ke panelis dan video MAN de MOTEFA terupload.
Alhamdulillah, saya melihat teman-teman sudah siap. Bapak menteri agama juga siap sebagai presenter. Setelah semua hal diupayakan secara maksimal berdasarkan arahan dan masukan akhirnya juga mendapat apresiasi dari Bapak Direktur. Mudah-mudahan besok bisa berjalan lancar dan meraih sukses lagi. Untuk MAN 2 Kulon Progo, program yang sudah berjalan bagus agar bisa dipertahankan dan ditingkatkan,” ungkap Edhi usai mendampingi gladi resik di Ruang PTSP Kanwil Kemenag DIY.

Senin, (29/6/2020) MAN de MOTEFA akan dipresentasikan. Lima menit presentasi dari pelaku utama yang akan disampaikan oleh mantan Kepala MAN 2 Kulon Progo Hj. Anita Isdarmini, S.Pd., M.Hum., yang selama empat tahun menggawangi program-program di madrasah tersebut diantaranya Modifiled Teaching Factory. Selanjutnya dua menit berikutnya disambung Menteri Agama, Fachrul Razi, S.I.P., S.H., M.H., dan 13 menit tanya jawab. Pertanyaan akan datang dari tim panel independen KIPP yang terdiri dari sembilan orang yang berasal dari berbagai lini. Bismillah, semoga segala kemudahan, kelancaran, dan keheningan menjadi suatu ikhtiar MAN de MOTEFA yang diridai-Nya, Aamiin. (ast/abi)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.