MIMAGA Laksanakan PAT dengan Aplikasi Socrative

Kulon Progo (MIMAGA) – MI Ma’arif Garongan (MIMAGA) melaksanakan PAT (Penialaian Akhir Tahun) Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan menggunakan Aplikasi socrative . Aplikasi socrative ini dipilih oleh seluruh guru MIMAGA karena mudah dipelajari dan mudah digunakan bagi siswa. Aplikasi Socrative Teacher untuk guru dan Aplikasi Socrative Student untuk seluruh siswa MIMAGA.

Disampaikan Kepala Madrasah, Pertiwi Endah Pamungkas, S.E.,  S.Pd.I. jauh hari sebelum dilaksanakan PAT ini, meminta kepada salah satu guru MIMAGA, Amanah, S.Pd.I untuk berbagi pengalaman dalam penggunaan Aplikasi Socrative yang pernah di simulasikan ke siswa untuk pengerjaan Penilaian di kelas 5 MIMAGA, karena nanti dalam pelaksanaan PAT Tahun Ajaran 2019/2020 secara online MIMAGA dapat menggunakan Aplikasi Socrative tersebut.

“Atas permintaan dari Kepala Madrasah, saya menyiapkan diri untuk berbagi pengalaman dalam menggunakan Aplikasi Socrative, Aplikasi Socrative Teacher bagi guru dan aplikasi Socrative Student bagi siswa. Alhamdulillah seluruh teman guru MIMAGA dengan tanggap dan cepat bersama-sama bisa dengan mudah menggunakan Aplikasi Socrative ini,” ungkapnya.

“Setelah semua guru MIMAGA bisa menggunakan aplikasi socrative ini, langkah selanjutnya adalah simulasi kepada wali murid dan siswa MIMAGA untuk mengunduh aplikasi Socrative Students pada android masing –masing, kemudian memberikan simulasi beberapa soal untuk dikerjakan dalam aplikasi tersebut, kemudian login sesuai room name yang diberikan oleh guru kelas dan guru Mapel Agama masing-masing. Alhamdulillah perlahan seluruh wali murid dan siswa cepat faham dan seluruh siswa mulai berlatih login Socrative Student untuk simulasi mengerjakan soal, yang kemudian Aplikasi Socrative Teacher dan Aplikasi Socrative Student ini digunakan saat PAT Tahun Pelajaran 2019/2010 di MIMAGA taggal 8 s.d 13 Juni 2020 ini,” terang Amanah.

Dalam koordinasi Rencana Pelaksanaan PAT bersama Pengawas Madrasah, Drs.Imam Aladin Nur di MIN 1 Kulon Progo beberapa waktu lalu, Pertiwi Endah Pamungkas menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan PAT Tahun Pelajaran 2019/2020 MIMAGA secara online akan menggunakan Aplikasi Socrative Teacher dan Socrative Student. Seluruh guru MIMAGA sudah belajar menggunakannya dan menyimulasikan kepada siswa.

Hal itu disambut baik oleh Pengawas Madrasah. “Jangan takut untuk berinovasi, teruslah berinovasi dalam penggunaan media apapun itu apalagi dalam pembelajaran daring/online di masa pandemi ini, segala kendala dan hambatan yang ada bisa dipelajari untuk diberikan solusinya nanti,” tutur Imam.

“Alhamdulillah PAT di MIMAGA dengan aplikasi tersebut berjalan lancar,” ucap Endah.

MIMAGA Mandiri Berkarakter, Madrasah Hebat Bermartabat. (ama/abi)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.