PAT MTsN 4 Kulon Progo Bisa Daring Maupun Luring

Kulon Progo (MTsN4KP) – .Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tahun Pelajaran 2019/2020 di MTsN 4 Kulon Progo  (MTsN Jatimulyo) akhirnya diberlakukan dengan dua sistem, yaitu daring dan luring. PAT dilaksanakan sejak Senin (8/6/2020) hingga Jumat (12/6/2020) diikuti oleh siswa kelas VII dan VIII. Hari pertama, sejumlah orangtua/wali siswa datang ke madrasah untuk mengambil soal PAT. Sedianya, di MTsN 4 Kulon Progo telah diterapkan transisi kenormalan baru, di mana sebagian kegiatan perkantoran telah dilaksanakan di madrasah, meski sebagian memang diharuskan tetap bekerja dari rumah.

Panitia PAT tetap memfasilitasi orang tua siswa yang kesulitan dalam hal fasilitas dan sinyal, sehingga mereka disarankan untuk memilih sistem luring/offline. Sejak pukul 07.00, panitia telah bersiap di meja resepsionis, tentu dengan menyiapkan hand sanitizer dan memesankan orang tua untuk mengenakan masker saat mengambil soal. Selain itu, panitia telah mengatur jadwal pengambilan soal agar wali siswa tidak terjebak antrian.

Begitu ada orangtua siswa yang datang, panitia menyapa dan mempersilakan terlebih dahulu mengaplikasikan handsanitizer. Selain itu, panitia juga berpesan kepada orangtua untuk senantiasa memantau proses mengerjakan soal di rumah, dengan menulis surat pernyataan bahwa siswa mengerjakan soal PAT dengan sungguh-sungguh dan dengan usaha sendiri. Harapannya, hal tersebut dapat dilaksanakan siswa dengan pantauan orang tua.

Ketua Panitia PAT, Sridadi, mengungkapkan bahwa tentu banyak kelebihan sistem daring  sehingga memang panitia dan wali kelas memberikan pengertian kepada wali siswa untuk mengupayakan sistem daring sebagai pilihan utama. “Siswa akan lebih mudah dan praktis, bahkan bisa langsung mengetahui hasil ujiannya,” kata Sridadi.

Di hari pertama pelaksanaan PAT  daring, tidak ditemukan kendala yang berarti. Semua peserta PAT daring dapat mengikuti tiga sesi ujian untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Akidah Akhlak, dan PKN dengan baik. Guru mapel pun telah dapat langsung merekap respons jawaban siswa. (siw/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.