Tantangan, Guru MIM Kenteng Ikuti Challenge Bercerita dari Laman Literacycloud.org

Kulon Progo (MIM Kenteng) – Literasi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Banyak kegiatan literasi yang sekarang menjadi sebuah hal yang sangat menarik untuk semua umur, mulai dari anak-anak hingga yang dewasa. Selain membaca dan menulis, salah satu cara berliterasi adalah dengan bercerita (membacakan sebuah cerita dari buku/majalah dan sebagainya). Seperti yang dilakukan oleh salah satu guru MI Muhammadiyah Kenteng, Rizco Ardian Saputro, S.Pd. dengan mengikuti sebuah tantangan bercerita secara live bertema “Cerita Guruku” dengan membawakan e-book dari laman literacycloud.org yang berjudul “Klinting-klinting.” Kegiatan dilaksanakan Sabtu (6/6/2020) secara live Instagram lewat akun @mataaksara.

Rizco menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan literasi yang menarik.

“Bentuk kegiatan ini adalah bercerita atau membaca cerita berdasarkan e-book yang ada di website literacycloud.org. Setiap guru yang mengikuti wajib memilih satu judul lalu diceritakan kembali dengan durasi waktu kurang lebih 10 menit setiap orangnya. Kegiatan ini diikuti pula oleh banyak partisipan secara online baik siswa, guru, mahasiswa, orang tua dan lain sebagainya,” ungkap Rizco.

“Adapun kegiatan ini diikuti oleh 6 peserta diantaranya Bibit Wijiani (SDN Berbah 1), Kristiana Dewi (SDN Umbulwidodo), Jamin (SDN Pendowoharjo), Dwi Astuti (SDN 1 Ngempak), Imas Widiastuti (SDN 1 Turi) dan Rizco Ardian Saputro (MI Muhammadiyah Kenteng). Semua terdapat 5 perwakilan sekolah dari Kabupaten Sleman dan 1 perwakilan sekolah dari Kabupaten Kulon Progo. Semua guru membawakan cerita dengan intonasi, ekspresi dan kreativitas masing-masing, sangat seru dan menginspirasi. Sedangkan untuk challenge bercerita di minggu depan akan dibuat lebih menantang dan pastinya berbeda dengan challenge perdana ini,” tambahnya.

Alhamdulillah dengan adanya kegiatan literacy online ini semakin menambah ghirah dan semangat para pendidik dan orangtua tentunya dalam mendampingi belajar selama masa pandemi corona ini, apalagi banyak e-book yang bagus-bagus dan keren di laman litertacycloud.org yang dapat dijadikan bahan bercerita,” tambahnya lagi.

“Hal ini juga menjadi bekal ilmu dan pengalaman yang berharga ketika masa pandemi ini sudah berakhir dan kembali ke kehidupan yang normal lagi, tentunya hal ini menjadi harapan kita bersama,” pungkas Rizco. (ras/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.