Terapkan Protokol Kesehatan, MIN 1 Kulon Progo Bagikan Rapor Siswa

Kulon Progo (MIN1KP) – Pembelajaran semester genap tahun pelajaran 2019/2020 hampir berakhir. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, tiap akhir semester akan selalu dibagikan buku rapor siswa. Buku ini berisi tentang laporan kemajuan belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran selama satu semester.

Widodo, S.Pd.I. selaku Kepala MIN 1 Kulon Progo menyampaikan bahwa pembagian rapor semester genap tahun pelajaran 2019/2020 dilaksanakan dengan mengundang orangtua/wali siswa seperti pada tahun-tahun sebelumnya. “Pembagian rapor semester genap tahun 2019/2020 tetap kita laksanakan dengan mengundang orangtua/wali siswa ke madrasah meskipun pandemi Covid-19 belum berakhir,” katanya.

Jumlah seluruh siswa MIN 1 Kulon Progo yang mencapai 200 siswa lebih ini tidak memungkinkan untuk melaksanakan pembagian rapor kelas I sampai V dalam satu waktu. Hal ini dikarenakan saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. Oleh karena itu, pembagian rapor akan dilaksanakan selama dua hari yaitu Rabu dan Kamis (24 dan 25/6/2020). Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya kerumunan orang tua/wali siswa yang datang ke madrasah. “Untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan madrasah dan adanya kerumunan orangtua/wali siswa maka pembagian rapor dilaksanakan selama dua hari dalam waktu yang berbeda,” terang Widodo.

Hari pertama pembagian rapor Rabu (24/6/2020) diperuntukkan siswa kelas I sampai III dengan pembagian waktu kelas I pukul 08.00-09.00 WIB, kelas II pukul 09.00-10.00 WIB, dan kelas III pukul 10.00-11.00 WIB. Hari kedua pembagian rapor Kamis (25/6/2020) diperuntukkan siswa kelas IV dan V dengan pembagian waktu kelas IV pukul 08.00-09.00 WIB dan kelas V pukul 09.00-10.00 WIB.

Kepala MIN 1 Kulon Progo juga mengharapkan agar pelaksanaan pembagian rapor ini tetap mengikuti standar protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah seperti memakai masker, membersihkan tangan dengan handsanitizer, mengecek suhu tubuh, dan jaga jarak . “Semoga seluruh guru maupun karyawan MIN 1 Kulon Progo serta orangtua/wali siswa yang datang ke madrasah dapat mematuhi standar protokol kesehatan tersebut,” harapnya.

Menurut Nasrul Perdhana, S.Pd.Jas. bahwa para orangtua/wali siswa sudah memiliki kesadaran dalam mencegah penyebaran Covid-19. Hal ini terlihat ketika mereka datang ke madrasah, mereka sudah menggunakan masker. Selain itu, mereka juga dengan senang hati mengikuti protokol kesehatan yang disiapkan oleh madrasah. Sebelum memasuki ruangan tempat pengambilan rapor, para orangtua/wali siswa terlebih dahulu dicek suhu badan dan membersihkan tangan dengan handsanitizer yang sudah disediakan oleh madrasah. “Semua orangtua/wali siswa yang datang ke madrasah untuk mengambil rapor sudah memiliki kesadaran untuk mengikuti protokol kesehatan yang disiapkan oleh madrasah, sehingga proses pengambilan rapor ini dapat berjalan dengan lancar,” jelas Nasrul.

Bersamaan dengan pembagian rapor ini, dibagikan pula masker untuk siswa-siswi MIN 1 Kulon Progo. Pengadaan masker ini menggunakan alokasi dana dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2020 MIN 1 Kulon Progo. Mujiati, selaku pengelola BOS MIN 1 Kulon Progo menyatakan bahwa sebagian dari dana BOS dialokasikan untuk tanggap Covid-19. Selain pengadaan masker untuk siswa, dana BOS juga digunakan untuk pembelian handsanitizer dan thermometer untuk madrasah.
“Berdasarkan hasil koordinasi tim BOS dan Kepala MIN 1 Kulon Progo, menyepakati bahwa alokasi dana BOS tahun 2020 untuk tanggap Covid-19 diwujudkan dalam bentuk pengadaan masker untuk siswa, pembelian handsanitizer dan thermometer untuk madrasah. Masker diberikan kepada setiap siswa. Sedangkan handsanitizer dan thermometer akan digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di madrasah, seperti pembagian rapor ini,” bebernya. (rat/abi)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.