Waspada, WhatsApp Kamad MTsN 4 Kulon Progo Diretas, Abaikan Permintaan Transfer!

Kulon Progo (MTsN4KP) – Sabtu (6/6/2020) siang, usai acara syawalan terbatas OSIS Madsanefour dan tasyakuran tim voli atas kemenangan di Liga Voli Pelajar tingkat kabupaten, warga MTsN 4 Kulon Progo geger, karena adanya pesan WA dari Kamad yang aneh, meminta uang transferan. Beruntungnya, salah satu guru yang menyadari kejanggalan tersebut langsung sadar situasi.

Dalam waktu singkat menghubungi banyak nomor dengan gaya yang sama, ini jelas peretasan nomor WA. Para admin grup sigap mengeluarkan nomor Kamad yang telah diretas itu dan sebagian memblokir sementara nomor ybs.

Setelah dicek, ternyata Drs. Sukarlan sudah tidak bisa menggunakan WA. Semua bertindak cepat untuk mengantisipasi kian banyak korban, dengan menyebarluaskan mengenai peretasan akun milik Drs. Sukarlan.

Beberapa guru MTsN 4 Kulon Progo yang mendapatkan pesan WA dari peretas, mencoba mengulur pembicaraan dengan melayani peretas. Ada yang berhasil memancing nomor rekening pelaku, yakni rekening BNI 0840318211 an. Muh Rafli Mansur. Peretas ini bergerak dengan cara meretas semua nomor kontak yang ada di grup WA korban.

“Sepertinya penjahat tersebut beroperasi dengan mengirimkan pesan parallel kepada sekian banyak nomor kontak sekaligus. Modusnya, menanyakan posisi lagi di mana kemudian meminta transferan sejumlah uang,” ujar Lukman Khakim, S.Pd. salah satu guru MTs yang keluarganya juga baru saja mengalami hal yang sama.

Menindaklanjuti adanya peretasan ini, Drs Sukarlan segera menyikapi dengan melaporkan kejadian ke Polsek Girimulyo.

Waka Humas, Teguh Suryono, S.Pd. meminta agar semua waspada terhadap segala bentuk penipuan. “Mohon untuk waspada pada segala macam bentuk penipuan dengan cara meretas akun. Harus hati-hati dalam memberikan password, email, nomor HP, atau pun nomor rekening,” pesan Teguh.

“Jangan menanggapi permintaan transfer uang melalui rekening di atas, atau melalui aplikasi keuangan digital lainnya, atas nama Drs. Sukarlan/Kepala MTsN 4 Kulon Progo. Kami selaku tim Humas MTsN 4 Kulon Progo meminta maaf atas ketidaknyamanan ini.
Semoga pihak berwenang segera dapat menangkap pelaku kejahatan,” tegasnya.

Beberapa orang yang dihubungi peretas until minta transferan uang antara lain guru-guru madrasah tersebut, Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Kasubbag TU Kankemenag Kulon Progo, Drs. Moh Mustolih, bahkan pensiunan PNS Kemenag, Muhammadie.

“Bahasanya bukan Pak Karlan banget,” ungkap Dosen UIN Sunan Kalijaga yang juga alumni MTsN 4 Kulon Progo, Heru Sulistya.

Ternyata pelaku juga berhasil meretas akun milik beberapa Kepala sekolah dan Perangkat Desa di Kulon Progo. Tetap Waspada! (siw/abi)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

1 reply
  1. Ambar Suryaningsih
    Ambar Suryaningsih says:

    Sebarkan…agar manusia tak bertanggung jawab itu tak semakin merajalela fitnah orang…kasihan korban…apalagi yg di retas…dpt malu…apalagi kalau dah ada yg kena…tahu2 ditagih hutang…

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.