Workshop Kurikulum 2013 MTsN 6 Kulon Progo, Kasi Dikmad Tekankan 4 Hal

Kulon Progo (MTsN6KP) – Madrasah yang hebat dimulai dari siswa yang hebat, di belakang siswa yang hebat mesti ada guru yang hebat. Ada 4 hal yang menjadi indikasi guru yang hebat, yaitu guru yang Berkarakter, Moderat, Berakhlakul Karimah dan Berdaya Saing.

Hal tersebut dikatakan Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Ka.Kulon Progo, Dra. Hj. Sulasmi M.A., saat memberikan sambutan dalam acara Workshop Kurikulum 2013 “Uji Publik Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)” MTsN 6 Kulon Progo, di hadapan perwakilan guru/pegawai 14 orang, Taufik Ismail, S.IP (unsur komite), Ngatijan, Tuti Nuryani (unsur orangtua), Bagas, Ari R (unsur siswa) , dan Pengawas Madrasah Barokatussolihah, S.Ag. M.SI, Rabu (24/6/2020).

Menurut Sulasmi, banyak kekuatan yang ada di Madrasah yang memiliki Visi “Cantik Berwawasan Lingkungan” baik itu guru senior yang telah lama berjuang di madrasah, guru yang mutasi dari luar madrasah sejak 1 Juli 2019, dan input siswa yang bagus.

Madrasah mesti memiliki target kualitasnya bisa melebihi sekolah umum. Hal ini bukan hal yang mustahil tercapai, apalagi masyarakat mulai menyadari, bahwa madrasah bisa membekali ilmu agama selain mapel umum.

“Untuk mencapai kualitas yang makin meningkat di MTsN 6 Kulon Progo, menurut saya pertahankan 4 rombel saja, karena kalau menambah rombel harus berpikir sarana prasarana lain yang memerlukan banyak pemikiran dan dana yang tidak sedikit,” tandasnya.

Dalam sambutannya Kepala MTsN 6 Kulon Progo, Imam Syamroni, S.Pd. mengungkapkan bahwa digelarnya uji Publik KTSP sebagai wujud keterbukaan tentang kegiatan pembelajaran di madrasah sehingga dapat diketahui oleh masyarakat, mendapat masukan dari masyarakat dan akhirnya masyarakat akan semakin tertarik dengan madrasah.

Dengan hadirnya perwakilan komite, perwakilan siswa, perwakilah orangtua, perwakilan guru/ pegawai, masukan dari pengawas, dan Kasi Dikmad diharapkan akan menjadikan  kesempurnaan KTSP. “Setelah selesai pembahasan, kami harap ada masukan, perbaikan, sehingga KTSP lebih sempurna dan bisa dilaksanakan untuk Tahun Pelajaran 2020/ 2021,” kata Imam.

Pemaparan KTSP dilakukan oleh Wakamad Urusan Kurikulum, Marwati, S.Pd. Pemaparan meliputi.Kurikulum Normal, Kurikulum Darurat, Kurikulum Tahfidz.

Pengembangan Kurikulum MTsN 6 Kulon Progo mengacu pada Standar Nasional Pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar Nasional Pendidikan terdiri atas Standar Isi, Proses, Kompetensi Lulusan, Tenaga Kependidikan, Sarana dan Prasarana, Pengelolaan, Pembiayaan dan Penilaian. Empat dari delapan standar nasional pendidikan tersebut yaitu standar isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Proses dan Standar Penilaian  merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam pengembangan kurikulum.

Kurikulum MTsN 6 Kulon Progo ini disusun agar dapat digunakan sebagai acuan madrasah  dalam penyusunan dan pengembangan program pendidikan  yang akan dilaksanakan, agar sesuai dengan karakteristik, potensi, dan kebutuhan peserta didik . Oleh karena itu, dalam pengembangan kurikulum ini, MTsN 6 Kulon Progo melibatkan seluruh warga sekolah dan berkoordinasi dengan pemangku kepentingan (stakeholders).

Implementasi kurikulum 2013 diterapkan pada kelas tujuh, delapan dan sembilan pada tahun pelajaran 2020 / 2021. Oleh karena itu MTsN 6 Kulon Progo mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan berdasar kurikulum 2013.

Kurikulum MTsN 6 Kulon Progo  ini disusun dengan tujuan: pertama sebagai acuan pelaksanaan proses pembelajaran, kedua untuk mengakomodasi semua potensi yang ada dan untuk meningkatkan kualitas satuan pendidikan baik bidang akademik maupun non akademik, memelihara budaya setempat, mengikuti perkembangan IPTEK yang dilandasi iman dan taqwa, ketiga meningkatkan kepedulian warga madrasah dan masyarakat dalam pengembangan kurikulum melalui pengambilan keputusan bersama.

Setelah dilakukan telaah dan kajian oleh Tim Pengembang Kurikulum MTsN 6 Kulon Progo, dengan memperhatikan pertimbangan dari Komite Madrasah, perwakilan orangtua dan rekomendasi Pengawas Madrasah, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) MTsN 6 Kulon Progo disahkan dan dinyatakan berlaku pada Tahun Pelajaran 2020 / 2021. (tan/abi)

 

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

1 reply
  1. Tuti Eahyuni
    Tuti Eahyuni says:

    Selamat kpd tim pengembang KTSP MtsN 6.Kp, Semoga dapat diimplementasikan dan sesuai harapan kita bersama. N6 tetap CANTIK.

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.