MAN 3 Kulon Progo Gelar Uji Publik KTSP

 

Kulon Progo (MAN3KP) – Kurikulum merupakan satu hal yang cukup penting dalam terlaksananya pendidikan di sekolah. Sebagai pedoman pendidikan, kurikulum seharusnya mengacu pada tujuan sekolah itu sendiri. Demikian diungkapkan H. Muntholib, S.Ag.,  MSI, Kabid Dikmad Kanwil Kemenag DIY dalam Uji Publik KTSP di MAN 3 Kulon Progo, Sabtu (11/7/3020).

Menurutnya, kegiatan tersebut harus selalu digelar madrasah menjelang tahun pelajaran baru. “Selama ini masih banyak madrasah yang menggelar uji publik kurikulum justru di akhir tahun,” ungkap Muntholib.

Pada kegiatan tersebut ia berpesan, penyelenggaraan uji publik harus dilakukan di awal. Sebab, menjadi pedoman pelaksanaan pembelajaran sebuah madradah selama satu tahun mendatang.

Sementara, Kasi Dikmad Kantor Kemenag Kulon Progo, Dra. Hj. Sulasmi, M.A., dalam kesempatan itu menjelaskan, kurikulum tahun pelajaran 2020/ 2021 juga harus mengacu pada Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 183-184 tahun 2019.

“Di dalam keputusan ini Bahasa Arab dan PAI tidak dihapuskan, tetapi kurikulumnya yang berubah, menyesuaikan perubahan dan dinamika zaman,” jelasnya.

Oleh karena itu Sulasmi menegaskan, tidak perlu ada kekhawatiran di masyarakat. Dirinya berpesan, di dalam pelaksanaan kurikulum terbaru harus disikapi secara positif diantaranya dengan kekhasan yang dimiliki tiap madrasah.

Dalam kegiatan Uji Publik KTSP tersebut juga dihadiri Pengawas Madrasah, Hj. Kalimah, S.Ag., M.A., Komite, dan Dewan Sekolah. Uji Publik KTSP MAN 3 Kulon Progo tersebut sebelumnya telah melalui tinjauan (review), pada Kamis (02/07/2020) lalu. (fjr/abi)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.