Matsama di Tengah Covid-19

Kulon Progo (MIN2KP) – Pelaksanaan Kegiatan Pengenalan Lingkungan Madrasah (Panglima) atau dikenal dengan Matsama (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah) di MIN 2  Kulon Progo dilaksanakan selama dua hari  Senin dan Selasa (13-14/7/2020) bagi siswa baru dengan jumlah 34 siswa.

“Alhamdulilah, kita sudah mendapatkan siswa baru, yang berasal dari Ngestiharjo dan wilayah sekitar bahkan tidak hanya dari Kapanewon Wates saja, tetapi ada juga yang berasal dari Kapanewon Panjatan. Setelah sukses pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) maka kami juga melaksanakan Matsama atau dahulu di kenal dengan nama Pengenalan Lingkungan Madrasah (Panglima) kalau Diknas disebut sebagai MOS,” ungkap Etik Fadlilah Ihsanti, Kepala MIN 2 Kulon Progo.

“Matsama dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya. Namun, untuk tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena ada wabah Covid-19. Semua kegiatan dikurangi untuk mencegah penyebarnya virus ini. Pada hari pertama kegiatan Matsama secara daring atau online dengan pengenalan profil MIN 2 Kulon Progo. Sedangkan hari kedua dilaksanakan secara tatap muka dengan tetap menjaga protokol kesehatan yang sangat ketat yakni dengan di cek suhu tubuh dengan thermo gun,  memakai masker, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, jaga jarak dan dengan cara tiga shift tiap kelas, sehingga tidak bergerombol, waktunyapun juga tidak terlalu lama,” imbuh Etik.

Menurut Siti Fatini, guru kelas satu mengaku bahwa kegiatan matsama ini didukung oleh wali murid. “Matsama kali ini juga didukung sepenuhnya dari wali murid yang menyambut kegiatan ini supaya anak-anak lebih mengenal MIN 2 Kulon Progo sebagai tempat anak-anak belajar. Siswa baru di ajak untuk berkeliling Madrasah serta pengenalan mata pelajaran yang akan mereka peroleh selama daring nantinya,” kata Siti Fatini.

Siti juga menjelaskan bahwa matsama ini dibuat lebih menyenangkan bagi anak-anak.  “Matsama walau sederhana namun menyenangkan dan tentu saja ramah bagi mereka, menyenangkan artinya tidak ada tekanan, ramah artinya membimbing, memberi informasi dan menyampaikan dengan menyenangkan dan harapannya semoga siswa Madrasah menjadi siswa yang unggul berkarakter, menjadi generasi muda yang tangguh, siap menghadapi era globalisasi di segala tantangan zaman,”  pungkas Siti. (dan/abi)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.