MATSAMA MAN 1 Kulon Progo Luar Biasa

Kulon Progo (MAN1KP) – MAN 1 Kulon Progo membuka kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) tahun pelajaran 2020/ 2021, Senin (13//7/2020). Kegiatan MATSAMA MAN 1 Kulon Progo berlangsung sejak pukul 08.00 WIB secara online, baik melalui YouTube MANSAKU channel maupun melalui Zoom Meeting. Adapun sejumlah 6 peserta didik baru yang berasal dari pondok pesantren, hadir di madrasah dikarenakan keterbatasan alat komunikasi, sekaligus sebagai perwakilan peserta didik baru. Kendati demikian, para peserta didik dan guru yang tergabung dalam kegiatan pembukaan MATSAMA tersebut tetap mematuhi protokoler kesehatan yang berlaku.

Kegiatan MATSAMA yang berlangsung di tengah masa pandemi Covid-19 tetap dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Sehubungan dengan hal itu, Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. menyampaikan bahwa di masa pandemi ini harus bisa mencari hikmah dan lebih kreatif. “Justru dengan keadaan yang luar biasa (baca = di luar kebiasaan) seperti ini, kita seharusnya dapat mencari hikmah dan menjadi lebih kreatif di tengah keterbatasan yang ada. Termasuk melaksanakan kegiatan MATSAMA secara online,” ucapnya.

Edi juga mengucapkan selamat kepada para peserta didik baru yang sudah mengikuti pembukaan kegiatan secara live. Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan MATSAMA tersebut dilaksanakan agar peserta didik baru dapat mengenal dan mengetahui budaya akademik yang ada di MAN 1 Kulon Progo. Selain itu, kegiatan MATSAMA juga bertujuan untuk mengenal lebih banyak potensi-potensi peserta didik baru, sehingga segenap civitas akademika madrasah dapat mengantarkan para peserta didik menuju gerbang kesuksesan. Selanjutnya, para peserta didik baru dan wali diharapkan dapat pro aktif dan mendukung positif kegiatan madrasah.

Dalam kesempatan yang baik ini, Kepala Madrasah juga menyampaikan visi dan misi MAN 1 Kulon Progo yang tergabung dalam kalimat, SANTRI BERLIAN, dengan penjabaran Santun, Terampil, Islami dan Berwawasan Lingkungan. Dengan adanya visi dan misi tersebut, harapannya MAN 1 Kulon Progo dapat mewujudkan generasi-generasi yang memiliki karakter positif, di mana hal tersebut akan didukung melalui pembelajaran selama 3 tahun di madrasah.

Kegiatan MATSAMA di MAN 1 Kulon Progo akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai Senin-Rabu (13-15/7/2020). Adapun kegiatan pada hari Selasa (14/7/20200 dilaksanakan dengan menyimak siaran dari ADI TV dengan narasumber Drs. H. Edhi Gunawan, M.Pd.I selaku Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama DIY, beserta dengan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, H. Muntolib, S.Ag., M.Si dan Kepala Seksi Kurikulum dan Kesiswaan, Anita Isdarmini, S.Pd., M.Hum. Selanjutnya untuk hari ketiga, Rabu, 15 Juli 2020 dilanjutkan melalui YouTube Channel.

Kemudian, para peserta didik baru berkenalan dengan guru wali kelas melalui aplikasi Zoom Meeting. (mel/abi)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.