MIM Kenteng Laksanakan PLS Bertema Happy Family Bersama Wali dan Siswa Baru

Kulon Progo (MIM Kenteng) – Tahun ajaran baru sudah dimulai, kini sekolah yang masuk kedalam zona hijau mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan kegiatan di sekolah/ madrasah masing-masing. MIM Kenteng melaksanakan PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah) untuk siswa kelas 1 mulai Senin (13/07/2020) sampai Selasa (14/07/2020).

Sesuai dengan surat edaran dari Majelis Dikdasmen PDM Kulon Progo bahwa perlu diperhatikan beberapa point penting yang perlu dilakukan dalam rangka PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah). Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dilakukan secara online dengan ketentuan yaitu  diikuti orangtua dan peserta didik sesuai jadwal dan materi yang ditentukan. Pelaksana dan narasumber adalah guru dan tenaga kependidikan (GTK), waktu kegiatan dilaksanakan selama tiga hari mulai pukul 07.30 s.d 11.30 dengan jadwal kegiatan yang disusun sesuai waktu yang ditetapkan. Peserta didik mengenakan seragam sesuai ketentuan sekolah/madrasah.

Adapun materi untuk orangtua/wali yaitu pengenalan manajemen sekolah/madrasah, guru dan tenaga kependidikan, kebijakan persyarikatan mengenai kegiatan sekolah/madrasah, peran orangtua/wali dalam pembelajaran, menjaga kesehatan, pengenalan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara online yang diselenggarakan oleh sekolah/madrasah, dan kegiatan sekolah pada masa pandemi Covid-19. Sedangkan materi untuk peserta didik yaitu penumbuhan karakter, seperti pembiasaan 5 S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan dan Santun).

Pengenalan Lingkungan Sekolah meliputi struktur organisasi sekolah, nama-nama personil pimpinan sekolah, guru dan tenaga kependidikan (GTK) beserta tugasnya, pengenalan sarana dan prasarana,kurikulum sekolah, kegiatan belajar mengajar, sosialisasi peraturan akademik sekolah/madrasah, pengenalan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah/madrasah, budaya tertib sekolah/madrasah, dan motivasi belajar di tengah pandemi Covid-19.

Kepala Madrasah, Rujito,S.Pd.I. menerangkan bahwa kegiatan PLS menjadi awal siswa mengenal madrasahnya. “Kegiatan PLS ini menjadi awal untuk siswa lebih mengenal dan tahu apa yang ada di madrasahnya, akan mengenal guru-gurunya, lingkungan, kelas, teman-teman, dan lain sebagainya. Namun harus tetap patuh pada protokol kesehatan pandemi Covid-19, yaitu dengan penggunaan masker. Dengan adanya PLS ini besar harapan madrasah dapat menjadi tempat yang nyaman untuk belajar dan menimba ilmu baik ilmu umum maupun ilmu agama terutama,” jelasnya.

Teguh Cahyana selaku Ketua kegiatan hiburan menyebutkan bahwa siswa terlihat antusias mengikuti PLS. “Terlihat sangat jelas bahwa wali siswa semangat dan antusias sekali dengan kegiatan PLS di MIM Kenteng. Tidak mau kalah dengan semangat anak-anaknya, para wali siswa yang mayoritas ibu-ibu ini juga asyik mengikuti setiap outbond dari panitia PLS Madrasah. Ada lomba gelas goyang, sarung basah, dan lain sebagainya. Tidak lupa sebagai wujud apresiasi untuk para wali siswa kami dari panitia juga memberikan hadiah atau doorprize,” tuturnya.

Toyyibah, salah satu wali siswa juga memberikan tanggapan bahwa kegiatan PLS sangat menyenangkan dan bisa menambah semangat. “Kami sebagai wali siswa sangat bangga, semangat sekali, senang  bisa mengenal wali siswa yang baru juga. Ini juga bisa untuk menambah paseduluran. Waktu kegiatannya mungkin bisa ditambah, tapi kami juga menyadari bahwa sedang dalam masa pandemi ini. Kami sangat puas dan senang dengan PLS ini,” katanya.

Sebagai wali kelas I, Sujamsih, A.Ma.  mengaku bahwa anak-anak mempunyai potensi yang luar biasa. “Untuk anak-anak kelas I ini semuanya memiliki potensi yang luar biasa, semangat belajarnya tinggi. Sudah bagus dalam merespon apa yang menjadi arahan gurunya. Mereka sudah bisa bergaul dengan teman sekelasnya walau mungkin masih malu-malu. Kegiatan untuk anak-anak dibuat semenarik dan sesenang mungkin, mulai dari kegiatan bercerita, bernyanyi dan penanaman semangat cinta madrasah dengan jargon Berkarakter, Berprestasi, Berbudaya. Adapun untuk menanamkan rasa cinta tanah air yaitu dengan mewarnai lambang Garuda Pancasila di sesi terakhir, kemudian dilanjutkan pembagian doorprize. Mari dengan adanya PLS ini kita jadikan gerbang awal membantu anak-anak dalam meniti jalan sebagai generasi penerus bangsa,” harapnya. (ras/abi)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.