Guru MIN 1 Kulon Progo Ikuti Diseminasi Pembuatan Media Pembelajaran Daring Microsoft 365 secara Mandiri

Kulon Progo (MIN1KP) – Dampak adanya Covid-19 masih berlangsung hingga saat ini. Setelah akhir tahun pelajaran kemarin pembelajaran dilakukan secara daring, kini awal tahun pelajaran 2020/2021 pembelajaran juga dilakukan secara daring. Keadaan ini menuntut guru-guru di MIN 1 Kulon Progo untuk selalu berinovasi dan kreatif dalam melaksanakan pembelajaran secara daring agar para siswa tidak merasa jenuh dengan pembelajaran yang disampaikan. Salah satunya adalah dengan mengikuti kegiatan Diseminasi Pembuatan Media Daring Microsoft 365.

Bertempat di MIN 2 Kulon Progo, Rabu (22/07/2020) guru-guru MIN 1 Kulon Progo mengikuti kegiatan Diseminasi Pembuatan Media Pembelajaran Daring Microsoft 365 secara mandiri. Sesuai dengan protokol kesehatan, maka kegiatan ini hanya terbatas untuk 20 orang peserta. Peserta dalam kegiatan ini adalah guru-guru yang berada di lingkup Kabupaten Kulon Progo diantaranya MIN 1, MIN 2, MI Maarif Jekeling, MI Ma’arif Maesan, MI Ma’arif Plampang,  MI Muhamammadiyah Sendangmulyo, MI Muhammmadiyah Serangrejo, MI Ma’arif Garongan, dan SD Conegaran. Walaupun semua biaya kegiatan diseminasi ini ditanggung sendiri oleh peserta dan panitia penyelenggara, namun para peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini sampai selesai.

“Dampak Covid-19 yang masih kita rasakan saat ini, menuntut guru untuk selalu meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan pembelajaran secara daring,” ungkap Pertiwi Endah Pamungkas, S.E., S.Pd, Kepala MI Ma’arif Garongan dalam sambutannya.

Endah juga menyampaikan bahwa Kegiatan Diseminasi Pembuatan Media Pembelajaran Daring ini terselenggara atas kerjasama MI Ma’arif Garongan dengan Srikandi Teams Office 365 Kulon Progo. Srikandi Teams Office 365 Kulon Progo yang beranggotakan lima orang, Pertiwi Endah Pamungkas, S.E., S.Pd, dan Amanah, S.Pd.I. (MI Ma’arif Garongan), Fitri Asmawati, S.Pd.I, (MIN 2 Kulon Progo), Dwi Ratna Fajar Rahayu, S.Pd. (MIN 1 Kulon Progo), dan Puji Astuti, S.HI. (MI Muhammadiyah Sendangmulyo). Srikandi Teams berinisiatif untuk berbagi ilmu yang telah mereka peroleh kepada guru-guru lain di lingkungan Kemenag. Hal ini disambut baik oleh Ary Mukhlis, M.Pd. dari MI Muhammadiyah Kenteng yang sekaligus sebagai trainer dalam kegiatan ini.

Ary Mukhlis, M.Pd. menyampaikan tentang Office 365 sebagai media pembelajaran bagi siswa madrasah khususnya, dan sekolah lain pada umumnya. Karena keterbatasan waktu, tidak semua media dalam Microsoft 365 ini tersampaikan. “Apabila dipelajari lebih lanjut, Microsoft 365 ini akan memberikan banyak keuntungan dan kemudahan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran secara daring. Kegiatan ini hanya difokuskan pada Sway dan Forms sebagai media pembelajaran,” ungkapnya.

Dwi Ratna Fajar Rahayu, S.Pd. guru MIN 1 Kulon Progo sekaligus sebagai salah satu panitia penyelenggara kegiatan Diseminasi Pembuatan Media Pembelajaran Daring Microsoft 365 ini menyampaikan bahwa awalnya guru-guru MIN 1 Kulon Progo yang akan mengikuti kegiatan ini berjumlah tiga orang, yaitu Dewi Nur Widayanti, S.Pd., Wiwik Hartati, S.Pd., dan Chafidhatul Ulum, S.Pd.SD. Namun, karena berhalangan hadir, Chafidhatul Ulum dalam pesan singkatnya melalui Whatsapp menyampaikan harapannya agar kegiatan serupa dapat dilaksanakan kembali.

Dewi Nur Widayanti, S.Pd. dan Wiwik Hartati, S.Pd. merasa senang bisa mengikuti kegiatan ini. Menurut mereka kegiatan Diseminasi Pembuatan Media Pembelajaran Daring Microsoft 365 ini bisa digunakan dalam pembelajaran daring di lingkungan MIN 1 Kulon Progo. “Kami akan berusaha untuk bisa mempraktikkan media pembelajaran ini ke siswa-siswa di MIN 1 Kulon Progo sebagai tindak lanjut dari kegiatan diseminasi ini,” kata mereka di akhir kegiatan. (rat/abi)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.