Seksi Dikmad Pantau Matsama MTsN 6 Kulon Progo

Kulon Progo (MTsN6KP) – Seksi Pendidikan Madrasah (Dikmad) meninjau kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah di MTsN 6 Kulon Progo. Matsama di MTsN 6 Kulon Progo sudah dilaksanakan sesuai panduan di masa pandemi. Hal tersebut dikatakan Staf Seksi Pendidikan Madrasah (Dikmad) Kankemenag Kulon Progo, H. Sarna, S.Pd.I saat mengunjungi Madrasah yang berlokasi di Klampok Brosot Galur, Rabu (15/7/2020).

“Kami ditugaskan untuk meninjau kegiatan Masa Taaruf Siswa Madrasah (Matsama) di MTsN 6 Kulon Progo ini. Alhamdulillah  di sini sudah melaksanakan sesuai dengan panduan di masa pandemi,” katanya.

Setelah diterima Kepala Madrasah, Imam Syamroni, S.Pd.I. di ruang kerjanya, tim melihat secara langsung pelaksanaan kegiatan di musala maupun ruang kelas didampingi Waka Urusan Humas, Ani Romadhoni, dan Kepala TU, Sudaryati.

Imam Syamroni menjelaskan bahwa Matsama di masa pandemi memerlukan kebijakan sendiri. Madrasahnya mengambil kebijakan dengan cara perkelas masuk beberapa jam dalam sehari secara bergantian. Kegiatan dilaksanakan dengan tetap mengikuti anjuran pemerintah dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19 dengan mewajibkan  mengikuti protokoler kesehatan. “Saat datang peserta harus bermasker, dicek suhu dengan thermogun, cuci tangan, membatasi jarak saat di kelas maupun saat salat,” papar Imam.

Waka Kesiswaan yang juga Ketua PPDB, Sutanto menjelaskan, peserta hanya masuk sehari sekali jam 07.30 sampai 12.00, diawali dhuha diakhiri zhuhur. Materi yang disajikan meliputi: perkenalan guru/pegawai, kurikulum madrasah, sosialisasi e-learning, kesetaraan, tata tertib, visi misi, kegiatan dan OSIS, anti diskriminasi.

Karena masih dalam masa pandemi, materi disampaikan secara singkat. Untuk perkenalan dilakukan di musala. Satu persatu guru dan pegawai dikenalkan nama maupun ketugasannya. Kurikulum madrasah diberikan dengan maksud siswa baru memiliki gambaran nyata tentang mata pelajaran yang akan diikutinya selama tiga tahun.

“Matsama tahun ini terasa sepi, tidak bisa meriah seperti tahun sebelumnya, karena memang tak ada kegiatan pelatihan baris dan permainan. Akan tetapi tidak mengurangi esensi, dan sudah sesuai dengan panduan   dari Kemenag,” tandas Sutanto. (ani/abi)

 

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.