Audit Itjend, Jadikan MAN 3 Kulon Progo Kiblat Pendidikan

Kulon Progo (MAN3KP) – Madrasah merupakan lembaga pendidikan yang di dalamnya terdapat integrasi antara ilmu pengetahuan umum dan ilmu pengetahuan agama, sehingga puncak pendidikan madrasah adalah kesalehan. Kesalehan siswa dan alumni merupakan standar keberhasilan pendidikan di madrasah. Selain itu, madrasah juga harus memiliki ciri khas, sebagai kelebihan yang tidak dimiliki lembaga pendidikan lainnya. Demikian pernyataan yang disampaikan Inspektur Wilayah dua, Inspektorat Jenderal Kementerian Agara Republik Indonesia (Itjend), Dr.H.Nur Arifin, M.Pd. dalam sambutannya pada acara audit kinerja penyelenggaraan Tugas dan Fungsi Tahun Anggaran 2019 di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Kulon Progo, Sabtu (15/8/2020). Acara audit digelar sejak Senin ( 10/8) hingga Sabtu (22/8).

Lebih lanjut, Arifin juga menegaskan bahwa guru memiliki peran sebagai fasilitator agar siswa selalu aktif, dan mampu mengembangkan diri, serta berbasis pada karakter. Fasilitas yang diberikan guru, akan merangsang kemampuan berpikir kritis dan cerdas, sehingga siswa mampu membuat keputusan, dan menemukan solusi dalam setiap permasalahan kehidupan. Madrasah menjadi pelopor dan agen perubahan bagi lahirnya generasi pintar, cerdas, dan saleh, sehingga akan menjadi magnet positif di lingkungannya.

Arifin menambahkan, bahwa untuk mewujudkan madrasah sebagai agen perubahan, maka perlu ditanamkan enam nilai luhur madrasah, yaitu keilmuan, intelegensial, keterbukaan, kekinian, ke-Indonesiaan, dan kesalehan. Penanaman nilai-nilai luhur itu, merupakan pilar untuk melahirkan generasi unggul yang fleksibel dalam menghadapi tantangan dan perubahan zaman, namun tetap berpijak pada cinta tanah air dan bangsa. Pendidikan di madrasah selalu dihadirkan dalam suasana senang, sehingga pembelajaran terasa mudah dan menarik. Apresiasi tinggi diberikan Arifin kepada stakeholder MAN 3 Kulon Progo yang selalu kompak, semangat dan tangguh, sehingga ke depan, madrasah ini akan menjadi kiblat dan rujukan pendidikan yang melahirkan generasi cerdas dan saleh.

Sementara itu, Kepala MAN 3 Kulon Progo, Mph. Fadlil Afif, Lc  mengaku sangat bangga pada guru dan pegawainya yang penuh komitmen serta dedikasi tinggi. “Saya sangat bangga dengan MAN 3 Kulon Progo, karena di dalamnya terdapat tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang memiliki komitmen dan dedikasi tinggi.  Guru dan pegawai senantiasa bekerja cerdas, cepat, dan tepat. Ini menjadi kekuatan besar dalam membangun madrasah kita menjadi besar dan unggul. Besar tak hanya kuantitas, tetapi juga kualitas yang patut dibanggakan. Oleh karena itu, kami menyambut baik audit Itjend dalam melakukan pendampingan. Pendampingan ini sebagai upaya untuk mewujudkan madrasah yang maju dan jauh lebih baik dari sebelumnya,” ungkapnya.

Fadlil berharap dengan adanya audit Itjend ini menjadi pengalaman berharga dan cambuk bagi MAN 3 Kulon Progo, agar ke depan semakin tertata dan memiliki kinerja yang lebih baik. (nur/abi)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.