Hari ‘Asyura, MTsN 4 Kulon Progo Bagikan Santunan

Kulon Progo (MTsN4KP) – Dalam rangka menyemarakan Hari ‘Asyura dan mengamalkan riwayat dari Muhammad bin Maisarah yang berkata: Siapa yang melapangkan keluarganya pada hari Asyura maka Allah akan meluaskan rezekinya sepanjang tahun itu, MTsN 4 Kulon Progo mengadakan santunan kepada siswa yatim pada hari Sabtu (29/8/2020) bertepatan dengan tanggal 10 Muharram 1442 H.

Dalam sambutan Kepala Madrasah, Drs. Sukarlan menjelaskan akan kandungan surat Al Ma’un yang mengingatkan kita agar mempunyai rasa peduli kepada anak yatim. “Kita harapkan santunan ini bermanfaat bagi siswa, untuk menunjang belajar selama pembelajaran jarak jauh (PJJ),” tutur Sukarlan.

Dan untuk memotivasi siswa, Drs Sukarlan juga mengisahkan kelahiran Nabi Muhammad SAW yang terlahir dalam kondisi yatim. Perjuangan Muhammad saat kecil yang tidak pantang putus asa dalam menghadapi ujian hidup, dan akhirnya diangkat menjadi Nabi dan Rasul.

Siti Suwarni, M.Sc. selaku pengurus zakat menyatakan bahwa pentasyarufan kali ini bersumber dari zakat yang dibayarkan guru dan karyawan di MTsN Kulon Progo. “Selain untuk memberi santunan siswa, secara rutin madrasah juga memberikan santunan pada pantu asuhan Ahmad Sujari yang mayoritas penghuninya merupakan siswa madrasahnya,” ungkap Siti.

Penyerahan santunan ini dilaksanakan di halaman madrasah dengan kegiatan apel sederhana dengan menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu. (the/abi)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

6 replies
  1. Nurdiani
    Nurdiani says:

    Alhamdulillah..berkah utk semua. Smg Allah mengasihi yatim piatu sebagaimana mereka merasakan kebahagiaan bersama sesama yg peduli

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.