Jalin Silaturahim, MI Muhammadiyah Grubug Laksanakan Kurban Bersama

Kulon Progo (MIM Grubug) – Ibadah qurban sebagai salah satu sarana untuk melaksanakan dakwah dan syiar Islam. Islam sebagai agama rahmatan lil’alamin, selain mempunyai kewajiban beribadah yang besifat khusus yakni beribadah kepada Allah swt, juga mempunyai kewajiban yang bersifat umum yaitu berkaitan dengan sesama makhluk. Qurban merupakan salah satu peribadahan yang bersifat sosial karena daging qurban sebagian besar diberikan kepada orang lain. Kepala MI Muhammadiyah Grubug, Juminta menyampaikan hal itu di sela-sela pelaksanaan qurban di madrasahnya, Senin (3/8/2020) pagi.

“Pada tahun ini, daging qurban hasil sembelihannya dibagikan kepada siswa MIM Grubug, TK ABA Jatisarono dan TK ABA Krinjing. Hal ini sebagai sarana untuk mendekatkan diri antara MI kepada kedua TK tersebut,” ungkapnya.

MI Muhammadiyah Grubug melaksanakan penyembelihan hewan qurban pada masa pandemi Covid-19 ini berbeda dengan pelaksanaan pada tahun yang lalu. Proses pelaksanaan penyembelihan hewan qurban sesuai dengan protokol kesehatan. Tahun ini pelaksanaan qurban di MI Muhammadiyah Grubug dengan menyembelih kambing sebanyak 4 ekor. Hewan qurban berasal dari guru, wali siswa dan bantuan dari donatur.

“Pelaksanaan qurban tahun ini, terlaksana dengan kerjasama antara guru MI, guru TK ABA Jatisarono dan wali siswa, serta warga sekitar,” imbuhnya.

Pelaksanaan qurban ini merupakan ajang silaturahmi, antara guru MI Muhammadiyah Grubug, TK ABA Jatisarono, dan TK ABA Krinjing.

“Pembagian daging qurban kepada kedua TK terdekat ini diharapkan mampu meningkatkan jumlah siswa MI ke depannya. Karena selama ini kedua TK tersebut belum bisa secara maksimal memasok calon siswa ke MI. Selain itu juga sebagai sarana silaturahim sesama AUM (Amal Usaha Muhammadiyah) di Nanggulan,” pungkasnya. (jum/abi)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.