K2MI Muhammadiyah Adakan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Microsoft Office 365 di MIM Kenteng

Kulon Progo (MIM Kenteng) – Semakin berkembanganya teknologi saat ini yang merambah pada setiap bidang termasuk dalam pendidikan. Sebagai pejuang di bidang pendidikan tentunya guru dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan zaman terkait dengan teknologi pendidikan. Salah satu media pembelajaran berbasis online yaitu dengan mengunakan Microsoft Office 365.

Rujito selaku Kepala MIM Kenteng menjelaskan bahwa K2MI Muhammadiyah Kulon Progo bersama-sama menginisiasi untuk melaksanakan pelatihan media pembelajaran berbasis Microsoft Office 365 yang dilaksanakan di MIM Kenteng, Selasa (4/8/2020).

Rujito menyampaikan bahwa acara diikuti oleh para guru MI se-Kabupaten Kulon Progo. “Peserta pelatihan terdiri dari para guru MIM Garongan, MI Al Falah Kaliwiru, MIM Nogosari, MIM Sendangmulyo, MIM Selo, MIM Garongan, MIM Kenteng, MIM Grubug, dan MIM Serangrejo yang diikuti oleh 40 peserta,” jelasnya.

Kasi Dikmad Kankemenag Kulon Progo, Dra. Hj. Sulasmi, M.A. menyampaikan bahwa guru harus bisa menguasai aplikasi pembelajaran serta dapat memberikan budaya karakter bangsa semasa pandemi. “Pelatihan ini merupakan salah satu terobosan dan program yang bagus serta perlu diapresiasi karena sangat dibutuhkan untuk menyikapi kegiatan belajar mengajar secara daring. Semua guru harus bisa menguasai aplikasi pembelajaran yang salah satunya dapat dilakukan dengan membuat vlog untuk menyampaikan materi. Harapannya guru juga dapat memberikan budaya karakter bangsa semasa pandemi yang bisa diinputkan dalam suplemen kurikulum dan modul pembelajaran online yang sudah dibuat sehingga dapat bersama-sama menjadi pendidik yang kreatif serta inovatif dalam menghadapi revolusi industri,” ungkap Sulasmi.

Sementara itu Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kulon Progo, Mawardi menyampaikan bahwa guru perlu melek teknologi dan selalu update. Selain itu, madrasah juga menjadi penggerak motor peradaban pendidikan. “Saya sangat mengapresiai kegiatan ini dan para guru perlu melek teknologi serta diharapkan untuk selalu update. Dalam masa pandemi ini insyaAllah Majelis Dikdasmen PDM Kulon Progo akan memberikan modul pembelajaran Muhammadiyah khusus untuk semua madrasah dalam masa pandemi sebagai acuannya. Diharapkan semua madrasah ini menjadi penggerak motor peradaban pendidikan di Kabupaten Kulon Progo,” paparnya.

Kuat Hebat Mantap Istimewa merupakan jargon dalam pelatihan. Dengan semangat membara, Yeni Muharomah, Kepala MIM AL Falah Kaliwiru membuka sesi pelatihan. Trainer Microsoft Office 365 adalah Ary Mukhlis, M.Pd. dari MIM Kenteng. Ary Mukhlis memberikan materi selama 3 jam dengan 2 materi pokok yaitu pengenalan Microsoft Office 365 dan praktik pembuatan media ajar online berbasis Microsoft Sway dan Microsoft Form. Ary Mukhlis juga menyampaikan bahwa aplikasi online merupakan solusi dan jawaban untuk kegiatan belajar mengajar siswa yang efektif dan efisien selama pandemi. “Disini kita belajar bersama dan kami selaku trainer siap untuk berbagi ilmu yang sudah didapatkan dari Microsoft. Tentunya aplikasi online ini merupakan solusi dan jawaban untuk kegiatan belajar mengajar siswa yang efektif dan efisien selama pandemi” pungkasnya. (ras/abi)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.