Lantik Kaur TU Madrasah, Kakan Ahmad Fauzi Ingatkan Serapan Anggaran

Kulon Progo (Kankemenag) – Tugas Kepala Urusan Tata Usaha sebagai orang kedua di madrasah tentu banyak sekali. Salah satunya sebagai PPSPM yang harus cermat dan teliti dalam pelaksanaan penyerapkan anggaran. Kepala Kankemenag Kulon Progo, H. Ahmad Fauzi, S.H. menyampaikan hal itu usai mengambil sumpah dan melantik Kaur TU Madrasah di Aula Menoreh kantor setempat, Jum’at (7/8/2020) siang.

“Tugas Kaur TU madrasah sebagai orang kedua tentu banyak sekali. Terutama administrasi umum terkait persuratan, maupun perlengkapan kerumahtanggaan, kepegawaian, kesiswaan dan keuangan yang menjadi tanggungjawabnya. Selain itu, sesuai Peraturan Menteri Agama (PMA), Kaur TU juga sekaligus sebagai Pejabat Penandatangan Surat Perintah Membayar (PPSPM) dituntut harus cermat dan teliti dalam penyerapan anggaran,” ungkap Kakan.

Lebih lanjut Fauzi mengingatkan bahwa masa pandemi menuju adaptasi kebiasaan baru ini tidak boleh menjadi alasan untuk tidak mengoptimalkan penyerapan anggaran. “Untuk itu Kaur TU harus berkolaborasi dengan Kepala Madrasah,” imbuhnya.

“Meskipun menjadi beban tersendiri bagi unit kerja yang ditinggalkan, namun seorang atasan akan terus mendorong bawahannya untuk engembangkan karirnya. Karena sesungguhnya keberhasilan seorang atasan adalah mampu membimbing stafnya untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi,” tegas Fauzi.

Selain itu, Kakan juga menyampaikan bahwa di Kulon Progo akan hadir Tim Audit Kinerja dari Itjend Kemenag RI. Akan ada 2 TIM yang hadir mengaudit kinerja madrasah, TIM 1 akan audit di MAN 3 dan MTsN 3, sedang TIM 2 akan datang ke MTsN 1 dan MTsN 5 Kulon Progo. “Monggo madrasah untuk berkoordinasi dengan TIM Audit agar pelaksanaannya berjalan lancar. Hal ini mengingat perlunya kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19, karena akan terjadi kontak dengan pelaku perjalanan. Jadi, monggo dikoordinasikan dan dikomunikasikan terkait teknis dan mekanisme auditnya,” pinta Kakan.

Adapun pejabat yang dilantik sebagai Kaur TU MAN 3 Kulon Progo adalah H. Sarna, S.Pd.I. yang sebelumnya penjabat sebagai Pengolah Data Seksi Pendidikan Madrasah. Selain Kepala Kankemenag, hadir dalam acara tersebut Kasubbag TU, Drs. H. Moh Mustolih, Kasi/Penyelenggara, Pengawas Madrasah, Kepala MAN 3 Kulon Progo, dan undangan lainnya. (abi)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

2 replies
  1. Hamid Tarwaca
    Hamid Tarwaca says:

    Selamat menjalankan tugas ditempat yang baru di MAN 3 Kulon Progo, yang penuh tantangan, memajukan Kulon Progo Utara dalam memperkuat aqidah Tauhid dan melanjutkan jihad fi sabilillah, mas H.Sarna, SPd.I

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.