Learning Community, Ajang Berbagi Ilmu Bagi Guru-Karyawan Di MIN 2 Kulon Progo

Kulon Progo (MIN2KP) – MIN 2 Kulon Progo selenggarakan kegiatan rutin Learning Community. Kegiatan ini dilaksanakan seminggu sekali setiap hari senin dengan tema diserahkan kepada masing-masing narasumber.  Kegiatan ini juga dimaksudkan agar para guru dan karyawan di MIN 2 Kulon Progo dapat saling berbagi ilmu yang sudah diperoleh dari diklat, seminar, maupun webinar.

Hal ini disampaikan oleh Kepala MIN 2 Kulon Progo, Etik Fadhilah Ihsanti, S.Pd.I., M.Pd.  bahwa kegiatan tersebut sebagai media guru-guru yang telah mengikuti diklat untuk menularkan ilmunya kepada guru yang lain. “Tujuan diselenggarakannya Learning Community adalah memfasilitasi guru yang sudah mengikuti diklat, seminar, ataupun webinar untuk menyampaikan hasil yang diperolehnya kepada guru-guru yang lain,” ungkap Etik.

“Selain itu, sekaligus melatih mental para guru agar berani tampil sebagai narasumber bagi guru-guru yang lain,” imbuhnya.

Tema kegiatan Learning Community di madrasah setempat, Senin (24/8/2020) adalah Revolusi Mental Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Kegiatan ini disampaikan Siti Fatini, S.Pd.I. Tema ini merupakan hasil dari diklat di wilayah kerja yang pernah dikutinya beberapa bulan lalu oleh Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh guru dan karyawan MIN 2 Kulon Progo ini berlangsung selama dua jam, dari pukul 10.00 – 12.00 WIB.

Dalam kesempatan tersebut, Siti menyampaikan bahwa tujuan Pelatihan Revolusi Mental Srategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik adalah meningkatkan kompetensi ASN dalam melakukan perubahan yang cepat agar terwujudnya ASN yang mampu memberikan pelayanan publik yang berkualitas.

Terdapat tiga kompetensi yang harus dibangun dalam pelatihan revousi mental untuk Pelayanan Publik. Pertama, mengubah cara pandang terhadap permasalahan pelayanan publik di instansi. Kedua, mengubah cara pikir dalam menyelesaikan permasalahan pelayanan publik di instansi. Ketiga, mengubah cara kerja untuk mempercepat terwujudnya ASN yang mampu memberikan pelayanan publik yang berkualitas.

Kegiatan ini diakhiri dengan Yel-yel Revolusi Mental dan Semangat Revolusi Mental secara bersama-sama oleh seluruh peserta Learning Community. Berikut ini yel-yel dan semangat revolusi mental tersebut.

Yel-yel Revolusi Mental
Ubah cara pandang
Ubah cara pikir
Ubah sikap dan perilaku
Ubah cara kerja
Yes yes OK
Luar Biasa

Semangat Revolusi Mental
Cerdaskan pikiran
Kuatkan Badan
Teguhkan Hati
Haluskan perasaan
Eratkan persaudaraan. (rat/abi)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.