Lindungi Siswa dari Penyakit, MIN 3 Kulon Progo Sukses Gelar BIAS

Kulon Progo (MIN3KP) – MIN 3 Kulon Progo (MIN3KP) telah melaksanakan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di halaman Madrasah setempat dengan antusias, Senin (31/8/2020). BIAS ini bertujuan untuk memberikan perlindungan bagi anak usia Sekolah Dasar . Imunisasi yang telah diperoleh pada waktu bayi belum cukup untuk melindungi terhadap penyakit PD3I (Penyakit-Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi) sampai usia Sekolah Dasar.  BIAS di MIN 3 Kulon Progo ini  untuk memberikan perlindungan terhadap penyakit campak dan rubella (MR) yang diberikan pada siswa  kelas 1  sebanyak 10 anak,  serta imunisasi HPV  diberikan kepada siswa kelas V serta VI  khusus yang perempuan dengan tujuan untuk mencegah kanker serviks, sebanyak 9 anak.

Kepala Madrasah, RM. Agus Marchaban menyampaikan bahwa kegiatan BIAS ini terlaksana berkat kerjasama dengan Puskesmas 1 Samigaluh. “Sebelum pelaksanaan  BIAS,  banyak dilakukan persiapan oleh keluarga besar MIN 3 Kulon Progo jauh-jauh hari untuk menyiapkan  tempat  bagi petugas screening Covid-19, screening riwayat imunisasi, penjaringan kesehatan,  serta screening imunisasi. Tempat duduk di luar ruangan diatur dengan berjarak sesuai konsep yang diberikan oleh pihak Puskesmas I Samigaluh, ada 5 pos untuk pelayanan imunisasi. Kemudian  penyiapan, thermogun, handsanitizer, sabun cuci tangan pihak madrasah  sudah mengikuti petunjuk sesuai dengan protokol pemerintah,” ungkap Marchaban.

“Ada beberapa ketentuan  wajib yang harus disiapkan  orangtua siswa  sebelum  mengikuti BIAS ini antara lain: datang sesuai dengan jadwal kelas yang sudah diatur oleh pihak madrasah, memastikan bahwa anak dalam keadaan sehat, tidak demam, batuk pilek, dan sakit lainnya. Sebelum berangkat ke madrasah anak dimohon untuk sarapan pagi, memakai masker dari rumah, dan tidak boleh berkerumun,” imbuhnya.

Sementara itu  salah satu petugas imunisasi Puskesmas Samigaluh 1 team BIAS dan team screening mengucapkan terimakasih kepada seluruh guru, Kepala MIN 3 Kulon Progo. “Untuk pengaturan siswa sudah baik, sudah digelombang, tidak berkerumun.  Kemudian untuk cakupan imunisasinya sudah semua diimunisasi kelas 1 imunisasi campak dan rubella (MR) sudah 100% dan kelas 5 dan 6 perempuan imunisasi HPV  semua sudah 100% dan harapannya nanti semua siswa sehat, kami mengucapkan terima kasih banyak kepada sekolah yang sudah berperan aktif untuk pelaksanaan BIAS dan screening kali ini,” tutur Galuh Dwi Setyaningsih, AMd.keb.

Ucapan terimaksih juga disampaikan oleh petugas screening, Febri yang mengutarakan bahwa segala sesuatunya sudah dipersiapkan dengan baik oleh pihak Madrasah. “Sangat bagus sekali pelaksaan BIAS dan Screening di MIN 3 Kulon Progo, di sini kami datang sudah disiapkan tempat, sudah disetting oleh bapak ibu guru, sangat membantu tempat settingannya juga bagus, siswanya sangat baik, beda dengan tempat lain karena siswanya nurut-nurut diatur oleh guru, tertib dan teratur sehingga pelaksanaan Bias dan Screening berjalan dengan cepat dan lancar,” terangnya.

MIN 3 Kulon Progo teladan dalam iman Unggul dalam prestasi, Madrasah Hebat bermartabat. (myt/abi)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.