Masuk 50 Piloting IASP 2020, MAN 2 Kulon Progo Ikuti Arahan Strategi Persiapan Akreditasi dari BAN S/M

Kulon Progo (MAN2KP) – Sekolah/Madrasah sebagai salah satu sarana yang membantu pemerintah dalam melayani masyarakat di bidang pendidikan, tentu harus berkembang dan bermutu. Maka dari itu, pemerintah sejak lama telah membuat suatu lembaga yang bertugas untuk menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan pendidikan kepada masyarakat bernama Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, Badan Akreditasi Nasional telah berupaya menyesuaikan upaya mereka dengan kenormalan baru sehingga upaya tersebut mampu meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan oleh BAN S/M adalah membuat instrument akreditasi baru untuk Sekolah/Madrasah yang diberi nama Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020. Sekretaris BAN S/M Provinsi DIY, Sugeng  Subagyo, MM. MSI, menyampaikan hal itu  melalui Zoom Meeting, Kamis (6/8/2020).

“Untuk memantapkan sistem akreditasi tahun 2020, Instumen lama dikembangkan lagi menjadi IASP 2020, yaitu sistem yang mendorong efektifitas dan efisiensi akreditasi, sehingga membutuhkan sebuah Piloting Visitasi 2020 Sekolah/Madrasah,” ujarnya.

Dalam inovasi BAN S/M tersebut, MAN 2 Kulon Progo berkesempatan menjadi salah satu madrasah piloting IASP 2020. “MAN 2 Kulon Progo menjadi salah satu dari 50 Sekolah/Madrasah se-DIY,” tambah Sugeng.

“IASP tahun 2020 ini lebih menekankan kepada penilaian kinerja dalam meningkatkan mutu pendidikan. Dalam IASP 2020 ini, harus diingat bahwa ada Paradigma Baru, yaitu pendekatannya lebih kepada kinerja bukan prosentase pencapaian seperti instrumen lama. Hal ini juga mengacu kepada 4 komponen mutu yaitu mutu lulusan (tetapi bukan sekedar NEM), proses pembelajaran, mutu guru, dan manajemen sekolah/madrasah,” jelasnya.

Sebagai hasil dari akreditasi tersebut, selain mendapatkan sertifikat akreditasi lagi bagi Sekolah/Madrasah, juga terjadi dialog yang sangat menguntungkan antara Madrasah dengan BAN S/M. Mutu Pelayanan pendidikan bagi masyarakat terutama di MAN 2 Kulon Progo akan terus berkembang ke arah yang lebih baik karena sudah dalam pengawasan serta bimbingan dari Lembaga yang bertugas meningkatkan mutu pendidikan, yaitu BAN S/M. Di sisi lain, inovasi yang dilakukan oleh BAN S/M cenderung berhasil, hal ini juga menguntungkan masyarakat yang mendapatkan pelayanan pendidikan dengan mutu yang maksimal. (pan/abi)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.