MIMAGA Sukseskan BIAS

Kulon Progo (MIMAGA)  – MI Ma’arif Garongan (MIMAGA) telah melaksanakan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) yang bertujuan untuk memberikan perlindungan bagi anak usia Sekolah Dasar . Imunisasi yang telah diperoleh pada waktu bayi belum cukup untuk melindungi terhadap penyakit PD3I ( Penyakit-Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi ) sampai usia Sekolah Dasar.  BIAS di MIMAGA ini  untuk memberikan perlindungan terhadap penyakit campak dan rubella (MR) yang diberikan pada siswa  kelas 1  sebanyak 19 anak,  dan imunisasi HPV  diberikan kepada siswa kelas V serta VI  yang perempuan sebanyak 16 anak, jumlah keseluruhan 35 anak. Kegiatan BIAS ini digelar di madrasah setempat, Selasa (25/8/2020).

Kepala Madrasah, Pertiwi Endah Pamungkas menyampaikan bahwa kegiatan BIAS ini terlaksana berkat kerjasama dengan Puskesmas Panjatan II. “Sebelum pelaksanaan  BIAS  banyak dilakukan persiapan oleh keluarga besar MIMAGA untuk menyiapkan  tempat  bagi petugas screening Covid, screening riwayat imunisasi, penjaringan kesehatan,  serta screening imunisasi. Tempat duduk dalam ruangan diatur dengan berjarak sesuai konsep yang diberikan oleh pihak Puskesmas Panjatan II. Kemudian  penyemprotan sebelum dan sesudah pelaksanaan BIAS secara keseluruhan  pihak madrasah  sudah mengikuti petunjuk dan pedoman dari Puskesmas Panjatan II,” ungkap Endah.

“Ada beberapa ketentuan  wajib yang harus disiapkan  orangtua siswa  sebelum  mengikuti BIAS ini antara lain: memastikan bahwa anak dalam keadaan sehat, tidak demam, batuk pilek, dan sakit lainnya. Selanjutnya anak dimohon untuk sarapan pagi dan membawa minum teh manis, memakai masker dari rumah, dan datang dri madrasah sesuai dengan jadwal kelas yang sudah diatur oleh pihak Puskesmas Panjatan II,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu Petugas Imunisasi Puskesmas Panjatan II, Indah Ratnani mengutarakan bahwa kondisi saat ini wabah/KLB Campak masih dijumpai pada lingkungan Sekolah/Ponpes di wilayah DIY. “Jadi imunisasi MR ini wajib diberikan untuk kelas 1 laki laki maupun perempuan. Kami disini bekerja  bersama tim petugas imunisasi Puskesmas Panjatan II yang terdiri dari  Asih Suparni, Bekti Kadarwati, Henny Kusumawati dan Nur Sahida  yang akan melaksanakan tugas imunisasi kami di MIMAGA,” tutur Indah di sela-sela kegiatan BIAS tersebut.

Kemudian imunisasi HPV yang diberikan untuk siswa kelas 5 dan 6 perempuan  ini bertujuan untuk mencegah kanker serviks, seperti yang dijelaskan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). “Mereka merekomendasikan upaya pencegahan primer kanker serviks yang disebabkan karena inveksi HPV adalah dengan pemberian imunisasi HPV,” terangnya.

MIMAGA Mandiri Berkarakter, Madrasah Hebat bermartabat. (ama/abi)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.