MIMAKA Laksanakan BIAS dengan Protokol Kesehatan

Kulon Progo (MIMAKA) – Imunisasi anak sekolah bertujuan untuk memberikan perlindungan bagi anak usia sekolah dasar. Sebenarnya, kegiatan imunisasi ini sudah dimulai dari anak usia bayi, tetapi belum cukup untuk melindungi anak sampai pada usia sekolah dasar dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Petugas Puskesmas Kapanewon Wates, menyambangi MI Ma’arif Karangwuni untuk imunisasi tersebut, Kamis (27/8/2020).

Mereka melakukan imunisasi kelas I yang berjumlah 17 siswa untuk memberikan perlindungan terhadap penyakit Campak dan Rubella (MR). Juga memberikan imunisasi HPV (Human Papillomavirus) bagi kelas V berjumlah 7 siswa prempuan dan VI berjumlah 8 siswa perempuan. Jadi jumlah keseluruhan ada 32 siswa diimunisasi dan kegiatan ini juga sekaligus dibarengi dengan kegiatan skrining yang merupakan bentuk deteksi dini dari suatu penyakit atau usaha untuk mengidentifikasi suatu penyakit dengan menggunakan berbagai tes/uji yang dapat di terapkan secara tepat. Dengan melalui skrining dapat melakukan penyecagahan dan penangganan lebih dini dari suatu penyakit.

Kegiatan BIAS yang merupakan agenda rutin tahunan yang dilakukan dalam dua kali setiap tahun, yaitu pada bulan Agustus dan September. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Puskesmas di semua SD/MI. Bidan Sukamsi, menjelaskan bahwa imunisasi tersebut untuk melindungi anak dari penyakit. “Imunisasi untuk kelas 1 untuk memberikan perlindungan dari penyakit Campak dan Rubella (MR), sedangkan untuk kelas V dan VI adalah imunisasi Human Papilomavirus (HPM) untuk mencegah kanker seviks,” ungkapnya.

Kegiatan imunisasi kali ini di hadiri sebanyak 5 petugas dari Puskesmas Kapanewon Wates yaitu terdiri dari Bidan Sukamsi, Bidan Retno, Bidan Sita, Hanura dan Yuni.

Kepala madrasah, Hartati, S.Pd.I. menyampaikan bahwa kegiatan imunisasi ini dilakukan dengan memerhatikan protokol kesehatan. “Kegiatan imunisasi di MIMAKA tetap dilakukan di madrasah. Dengan aturan siswa datang ke madrasah tetap dengan memerhatikan protokol kesehatan yang ketat, yaitu siswa yang akan diimunisasi dan guru yang hadir juga harus dalam keadaan sehat. Semua memakai masker dan cuci tangan. “Sebelum siswa menerima imunisasi, orang tua dan pengantar diperiksa suhu badan, kemudian siswa masuk pada ruang kelas menerima imunisasi dan keluar melalui pintu yang berbeda. Setelah itu wajib menunggu selama 30 menit untuk duduk dengan menerapkan jaga jarak. Orangtua menjaga anaknya agar menghindari interaksi dengan siswa lain, dan pada hari itu juga di adakan skrining kesehatan meliputi pengukuran tinggi badan, berat badan, periksa telingga, gigi, dan mata. Setelah selesai semua kegiatan, semua siswa diminta untuk langsung pulang,” terang Hartati.

Wali murid dari kelas 1, 5 dan 6 menyambut baik kegiatan. Salah satu wali murid, Mukiatan mendukung kegiatan imunisasi ini. “Kami sangat senang dan nyaman karena pelaksanaan imunisasi di MI Karangwuni pada masa pandemi ini sangat memerhatikan protokol kesehatan dari kedatangan pakai masker, mencuci tangan dan antre dengan mengambil duduk sesuai peraturan dan tidak berkerumun,‘’ ucapnya.

MIMAKA Mandiri dan berkarakter, Madrasah Hebat Bermartabat. (ttk/abi)

Tetap Sehat dan semangat
#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.