MIMUHGA Gelar Imunisasi di Masa Pandemi

Kulon Progo (MIMUHGA) – Seiring berjalannya waktu kekebalan tubuh anak bisa saja menurun. Dengan booster berupa vaksin diharapkan kekebalan tubuh anak tetap tinggi. Berdasarkan hal itu MI Muhammadiyah Garongan beserta Puskesmas Panjatan II mengadakan Imunisasi HPV bagi Siswi kelas 5 dan kelas 6 dan imunisasai Campak Rubella ( MR ) untuk kelas 1, Jum’at (14/8/2020). Hal itu menindaklanjuti surat pemberitahuan Puskesmas Panjatan II tentang pelaksanaan BIAS pada masa Pandemi Covid-19 no 445/738, serta berharap siswa MI adalah anak madrasah yang sehat dan hebat. Demikian pernyataan Kepala Madrasah Siti Nurhayati, M.S.I. disela- disela kegiatan.

Sebelum kegiatan imunisasi, Guru Olahraga,  Ratna Krisnawati Wardoyo, S.Pd.Jas. yang juga pengelola UKS mengikuti pengarahan tentang pelaksanaan BIAS, Selasa (4/8/2020) di Puskesmas Panjatan II. Selanjutnya guru Olah raga memberikan pengarahan dan sosialisasi tentang kesehatan tubuh wanita dan manfaat imunisasi campak pada siswa kelas 1. Sedangkan guru Agama, Galuh Ika Ningrum, S.Pd. memberikan pengarahan pada siswa tentang etika bergaul pada muslimah karena usia ini perlu pemahaman dasar etika bergaul terutama dalam menghadapi era milenial yang diharapkan tetap menjaga syariat Islam dan budaya Indonesia pada Senin (10/8/2020) lalu.

Vaksin HPV bertujuan untuk vaksin pencegah penyakit kanker serviks, sedangkan imunisasi campak untuk mencegah virus campak. Pemberian imunisasi pada anak sangat penting untuk mencegah penularan penyakit, salah satunya kanker serviks. Penyebab penyakit ini adalah human papillomavirus (HPV) dan bisa dicegah dengan menggunakan vaksin. Demikian pernyataan tim imunisasi Puskesmas Panjatan II, Asih Suryani besama 6 orang lainnya yang semuanya petugas menggunakan APD.

Sementara itu Pengawas Madrasah, Drs .R. Imam Aladin Nur berkesempatan menyaksikan dan memantau Kegiatan BIAS siswa madrasah ini yang dilaksanakan dengan protokol Kesehatan karena BIAS tahun 2020 kegiatannya pada masa pandemik Covid-19 dengan mengikuti arahan puskesmas Panjatan II yakni 30 menit sebelum dan sesudah kegiatan ruangan kegiatan disemprot dengan desintikfektan oleh tim satuan tugas Covid-19 MIMUHGA, kegiatan mencuci tangan sebelum dan sesudah, pemeriksaan suhu tubuh, bergiliran datang, pakai masker dan jaga jarak.

“Kesehatan menjadi perhatian penting dimasa pandemi Covid-19 dan perubahan perilaku tentang hidup sehat hendaknya tetap ditindaklanjuti oleh madrasah,” ujar Imam.

Puskesmas Panjatan II dalam kesempatan ini juga memberikan obat cacing bagi siswa, mengecek lingkungan madrasah, program Kawasan Tanpa Rokok, kamar mandi, kantin, Ruang UKS, Tempat sampah dan Kesehatan siswa serta pemasangan poster Kawasan sehat. “Berkaitan dengan kesehatan siswa dan warga madrasah maka Tim satuan gugus tugas (satgas) masa Covid-19 ini disiapkan sehingga kehadirannya dapat membantu kegiatan pencegahan penyakit di madrasah saat pandemi termasuk kegiatan imunisasi ini dengan perilaku hidup baru yang sehat,“ pungkas kepala Madrasah. (sit/abi)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.