MIN 2 Kulon Progo Sukses Laksanakan BIAS

Kulon Progo (MIN2KP) – MIN 2 Kulon Progo telah melaksanakan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) yang bertujuan untuk memberikan  perlindungan bagi anak-anak usia sekolah dasar terhadap penyakit campak dan rubella untuk kelas satu sebanyak 34 anak dan HPV sebanyak 18  anak, keseluruhan ada 52 anak. Kegiatan terlaksana di madrasah setempat, Selasa (18/8/2020).

Kepala MIN 2 Kulon Progo Etik Fadhilah Ikhsanti mengatakan bahwa kegiatan BIAS tersebut kerjasama dengan Puskesmas Wates. “Pelaksanaan imunisasi berjalan dengan lancar dengan petugas dari Puskesmas Wates yakni Riska Pena, Esti Yuni dan  Ria Ayu. Imunisasi rutin dilaksanakan pada bulan Agustus untuk kelas satu campak dan rubella. Sedangkan untuk kelas lima dan enam putri imunisasi HPV yang berguna untuk pencegahan kanker serviks,” terangnya.

“Sebelum pelaksanaan imunisasi, wali murid sudah di beri edaran untuk mengisi blangko kesediaannya imunisasi bagi anak. Dari jumlah 52 anak, ada tiga yang harus ditunda karena mengalami batuk pilek dan dijadwalkan hari berikutnya. Sebelum memasuki tempat imunisasi terlebih dahulu di cek suhu badan, cuci tangan dan tetap memakai masker,” lanjut Etik.

Menurut salah satu petugas dari Puskesmas Wates, Ria Ayu bahwa imunisasi campak dan rubella ini untuk melindungi anak dari penyakit kelainan bawaan. “Tujuan diberikan imunisasi meales (campak) Rubella (MR) untuk melindungi dari penyakit kelainan bawaan seperti gangguan pendengaran, penglihatan, kelainan jantung dan retardasi mental yang disebabkan adanya infeksi rubella saat kehamilan. Campak adalah penyakit infeksi menular melalui saluran napas yang disebabkan oleh virus. Sedangkan Rubella merupakan penyakit ringan pada anak, tetapi bila menulari ibu hamil pada tri semester awal kahamilan dapat menyebabkan keguguran atau cacat pada bayi yang di lahirkan,” paparnya.

“Sedangkan Imunisasi Human Papilooma Virus (HPV) yang merupakan antisipasi terhadap kanker serviks yang merupakan jenis kanker yang banyak menimbulkan kematian pada wanita. Infeksi yang mudah menular melalui hubungan seksual ini dapat  dicegah dengan pemberian vaksin. Di usia anak-anak ini kekebalan tubuh sangat baik untuk pemberian vaksin HPV,” pungkas Ria. (dan/abi)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.