Pemantapan Sistem Kredit Semester, MAN 2 Kulon Progo Gelar Workshop Penyusunan RPP dan Modul Berbasis SKS

Kulon Progo (MAN2KP) – Di masa Pandemi Covid-19 ini, MAN 2 Kulon Progo berkesempatan menjadi salah satu madrasah yang dipercaya oleh pemerintah untuk melaksanakan Sistem Kredit Semester (SKS). SKS adalah sebuah sistem atau program pendidikan, dalam penyelenggarannya peserta didik bisa menentukan sendiri beban belajar dalam satu semester. Sehingga memungkinkan peserta didik bisa lulus dari Madrasah dua tahun, yang biasanya tiga tahun. Meskipun demikian, syarat dan ketentuan berlaku sesuai dengan aturan yang berlaku.

Dalam menindaklanjuti kepercayaan pemerintah, MAN 2 Kulon Progo menggelar pelatihan penyusunan RPP dan Modul Berbasis SKS. Kegiatan diikuti semua guru. Tujuannya untuk mematangkan penerapan sistem SKS di madrasah. RPP dan Modul dalam SKS menjadi sangat penting. Hal itu diungkapkan Kepala MAN 2 Kulon Progo, Khoiriyatun, S.Pd., M.Sc. saat membuka kegiatan Workshop Penyusunan RPP dan Modul Berbasis SKS yang berlangsung di Ruang Aula MAN 2 Kulon Progo, Selasa (18/8/2020).

“RPP dan Modul di dalam Sistem Kredit Semester merupakan aspek terpenting sehingga perlu adanya pelatihan yang intens guru mata pelajaran dari para ahlinya,” jelasnya.

Sementara itu Pengawas SMA yang sekaligus anggota BAN S/M DIY, Dra Reni Herawati, M.Pd. B.I  sebagai narasumber menerangkan bahwa  SKS cocok diterapkan di masa pendemi. “Sistem Kredit Semester ini merupakan program pendidikan yang cocok dalam pandemi Covid19 ini, karena adanya Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) yang telah dibuat oleh guru mata pelajaran menjadi panduan dalam belajar peserta didik di rumah,” ujarnya.

Lebih lanjut Reni mengatakan kepada seluruh peserta pelatihan bahwa dalam program pendidikan yang berbasis SKS, penyusunan UKBM diharuskan selaras dengan Silabus, RPP, dan Modul. Analisis terlebih dahulu antara Kompetensi Dasar dengan Alokasi Waktu yang terdapat di dalam kalender akademik sebagai dasar pembuatan Silabus, RPP dan Modul sehingga UKBM menjadi tepat sasaran. “UKBM ini sangat penting karena sebagai dasar penetapan ketuntasan belajar peserta didik dalam satu semester,” imbuh Reni. (pan/abi)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.