Peringatan Hari Pramuka Ala MTsN 6 Kulon Progo

Kulon Progo (MTsN6KP) – Memeringati hari ulang tahun Gerakan Pramuka yang ke-59, MTsN 6 Kulon Progo membuat acara yang khas. Acara yang digelar Jumat (14/8/2020) bukan dengan upacara bendera ataupun berkemah, namun dengan mengadakan lomba membuat pantun yang diikuti oleh semua siswa.

Wakil Kepala Madrasah Urusan Kesiswaan, Sutanto menjelaskan, mengingat pandemi Covid-19 masih fluktuatif, maka pihaknya berinisiatif mengadakan lomba membuat pantun bertema pramuka dengan menggandeng anggota Komunitas Pantun Budaya Nusantara, Fuzna Marzuqoh sebagai yuri.

“Siswa kita beri waktu duabelas jam untuk membuat pantun dan dikirim melalui whatshapp, selanjutnya yuri melakukan penilaian dan diambil tiga terbaik yang mendapatkan hadiah berupa pulsa,” terangnya.

Menurut Fuzna yang juga menjadi pengisi Lazuardi Iman yang disiarkan di berbagai radio, memberikan apresiasi kepada anak-anak yang telah mengirimkan karyanya.

“Sebagai karya anak seusianya, pantunnya sudah sangat bagus. Kedepan perlu diberikan pemahaman pembuatan pantun khususnya rima akhir minimal dua huruf. Masih ada beberapa anak yang rima akhir hanya satu huruh,” imbuhnya.

Kepala Madrasah, Imam Syamroni, S.Pd. menyambut baik diadakannya lomba dan berharap kegiatan tersebut dapat memacu kreativitras siswa.

Adapun yang masuk tiga pantun terbaik adalah karya Yusuf Arif (9A), Fani Nur Hanifah (7B), dan Yoga Adi Pranata (7C). Ketiganya mendapatkan hadiah pulsa dan langsung ditransfer di nomor WA nya.
Berikut ini pantun yang masuk kategori terbaik:

Di pinggir jalan makan buah
Buah enak bikin suka
Meski beraktivitas dirumah
Tetap semangat berjiwa pramuka

Bermain paku dengan Jaka
Bertemu dengan mas Wayan
Aku bangga jadi anak Pramuka
Belajar disiplin demi masa depan

Jalan-Jalan beli tomat
Tidak lupa beli micin
Pramuka itu hemat dan cermat
Tidak malas selalu disiplin

Mewakili madrasah, Sutanto menyampaikan terimakasih kepada Fuzna selaku yuri karena selain menilai karya siswa juga mau membuat video, membacakan dan diunggah di medsos. “Semoga kerjasama tersebut dapat berlanjut di masa mendatang,” pungkasnya.(tan/abi)

Tetap sehat dan semangat
#LawanCovid-19

3 replies
  1. Tuti Wahyuni
    Tuti Wahyuni says:

    Salam Pramuka, Selamat pada para juara, semoga semangat dan jiwa pramuka akan tetap menyala di situasi pandemi ini.

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.