Tingkatkan Pengembangan Diri,  MIM Kenteng Ikuti Kompetisi Bergengsi dalam Rangka HUT KEMRI

Kulon Progo (MIM Kenteng) – Hari Ulang Tahun Republik Indonesia kini sudah mencapai 75 tahun. Bukan hal yang mudah untuk mencapai sebuah kemerdekaan. Banyak perjuangan, pertumpahan darah, pengorbanan jiwa dan raga menjadi suatu keharusan utama. Para generasi saat ini wajib melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan menjaga keutuhan NKRI, selalu berupaya untuk mengembangkan potensi diri dengan ikut serta kegiatan yang positif dan produktif.

Rujito, S.Pd.I, M.Pd. Kepala Madrasah menjelaskan bahwa Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 75 yang bertepatan Senin (17/8/2020) dimeriahkan oleh siswa, guru, dan wali siswa MIM Kenteng untuk mengikuti beberapa ajang perlombaan baik yang dilaksanakan secara online maupun offline. “Lomba online diantaranya adalah Chalange Reading News Text  yang dilaksanakan oleh Arjuna Team MIM Kenteng, dan lomba cipta puisi yang diselenggarakan oleh Jemari Kita Official. Lomba offline yaitu lomba laying-layang yang diselenggarakan oleh warga Desa Pandowan, Galur tepatnya di Pedukuhan Diren,” ungkapnya.

Rizco Ardian Saputro, S.Pd. selaku penanggung jawab kegiatan perlombaan madrasah menjelaskan bahwa untuk Chalange Reading News Text  yang digagas oleh Arjuna Teams MIM Kenteng sudah berjalan yang ke-5 ini. “Lomba dilaksanakan pada Sabtu (16/8/2020) yang diikuti oleh wali dan siswa MIM Kenteng secara online, yaitu dengan membaca berita yang ada di website madrasah. Pengumuman dan pembagian hadiah dilaksanakan pada Selasa (18/8/2020), dipilih 5 peserta tercepat dan tertepat,” jelas Rizco.

Sedangkan untuk lomba menulis puisi oleh Jemari Kita Official merupakan salah satu gagasan dari Kawan (Konsultan Relawan) SLI Kulon Progo Wahyu Widyawati. “Lomba ini khusus untuk siswa madrasah/sekolah. Adapun hasil dari perlombaan akan dipilih puisi-puisi terbaik yang nantinya diterbitkan menjadi buku antalogi yang ber ISBN,” tambahnya.

Sementara itu untuk lomba laying-layang junior ini dilaksanakan Ahad (16/8/2020) sore yang diikuti oleh 23 peserta yang didominasi oleh siswa MIM Kenteng yang berasal dari Panti Asuhan Binausaadah Muhammadiyah, Galur, bimbingan Rujito,S.Pd.I, M.Pd. Untuk lomba layang-layang senior diikuti oleh 36 peserta yang diikuti juga oleh beberapa guru MIM Kenteng. Guru MIM Kenteng juga ada yang berperan sebagai juri perlombaan dan tim media yang bekerja sama dengan pihak panitia warga Diren. Perlombaan ini dimulai pukul 16.00 – 16.45 WIB. Dibuka dengan berdoa dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Penilaian berdasarkan keindahan, ketinggian (sudut kemiringan), ketenangan (anggleng) dan ketahanan (tidak putus) di atas sampai waktu selesai.

“Kejuaraan lomba layang-layang diambil 4 layangan yang masuk ke dalam kriteria bagi penilaian kelas junior, serta yang menang senggetan bagi kelas senior. Semua peserta lomba juga mendapatkan penghargaan berupa doorprize dan snack dari Panitia. Siswa dari MIM kenteng mendapatkan juara II, juara IV kelas junior dan juara III kelas senior,” pungkasnya. (ras/abi)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.