Guru dan Pustakawan MIMAGA Ikuti Workshop Managemen Perpustakaan

Kulon Progo (MIMAGA) – MI Ma’arif Garongan (MIMAGA) meski di masa pandemi Covid-19, tidak surut semangatnya untuk jalankan program. Seluruh guru dan pustakawan MIMAGA Library, Kamis (17/9/2020) menjalankan program Inspiring Library Dompet Dhuafa Pendidikan Yogyakarta. seluruh guru dan pustakawan dengan penuh komitmen tinggi mengikuti Workshop online yang diselenggarakan oleh Inspiring Library Dompet Dhuafa Pendidikan Yogyakarta melalui zoom meeting. Workshop yang diselenggarakan hari ini tentang Managemen Perpustakaaan dan Pengelolaan Bahan Pustaka.

Workshop ini menghadirkan nara sumber Arni Sumarsih, S.Pd,SD, MM.CT Trainer Nasional KOMED DD, dengan moderator Nurul Azizah, pendamping Program Inspiring Library Dompet Dhuafa Pendidikan Yogyakarta.

Workshop Managemen Perpustakaan dan Pengelolaan Bahan Pustaka ini dimaksudkan untuk memahami prinsip perpustakaan sekolah dan memahami data yang ada dalam perpustakaan sekolah. “Tujuan perpustakaan sekolah adalah mendorong terbentuknya kebiasaan membaca anak. Sementara fungsinya  adalah untuk penyimpanan, pendidikan , informasi dan rekreasi. Menciptakan suasana perpustakaan senyaman dan semenarik mungkin untuk dikunjungi siswa harus bisa diciptakan di setiap perpustakaan sekolah,” ungkapnya.

Adapun materi yang disajikan dalam workshop tersebut antara lain tentang Administrasi Perpustakaan (Buku Induk, Buku Kunjungan siswa dan guru, Buku Sirkulasi peminjam, Kartu Anggota Perpustakaan, Tata Tertib Perpustakaan, kegiatan Literasi anak yang didalamnya mencakup Membaca Lantang, Membaca Bersama, Membaca Berpasangan, dan Membaca Mandiri), serta pengolahan bahan pustaka/pengelolaan buku antara lain (stempel inventaris, stempel buku, penjenjangan buku, pelabelan buku dan klasifikasi buku).

Secara langsung disampaikan nara sumber Arni Sumarsih bahwa peserta akan diajak praktik pengelolaan perpustakaan. “Dalam workshop kali ini kita akan membahas dan mempraktikkan secara langsung tentang bagaimana managemen perpustakaan serta pengelolaan bahan pustaka di perpustakaan sekolah, bagaimana penjenjangan buku, klasifikasi buku, dan pelabelan buku akan kita praktikkan secara langsung,” terangnya.

“Diharapkan seluruh guru dan pustakawan sekolah untuk bekerjasama dalam pengelolaan perpustakaan, serta menciptakan suasana perpustakaan yang menarik lagi nyaman untuk dikunjungi. Prinsipnya bagaimsna menghidupkan perpustakaan sekolah,” ujar Arni.

Sementara itu Kepala Madrasah, Pertiwi Endah Pamungkas, SE , S.Pd, mengaku sangat senang dengan adanya workshop online ini. “Kami ucapkan terimakasih kepada nara sumber dan program Inspiring Library Dompet Dhuafa Pendidikan Yogyakarta yang telah memberikan banyak pengetahuan tentang managemen perpustakaan dan pengelolaan bahan pustaka. Kami hanya memiliki satu tenaga pustakawan, namun setelah workshop hari ini akan segera kami munculkan guru pustakawan untuk membantu pustakawan MIMAGA Library sehingga pengelolaan dapat optimal, menjadi perpustakaan yang hidup, menarik dan nyaman untuk dikunjungi seluruh warga MIMAGA,” ungkap Endah.

Diakhir sesi Nurul Azizah, moderator dan pendamping program Inspiring Library Dompet Dhuafa Yogyakarta mengajak agar guru dan pustakawan selalu semangat untuk segera beraksi. “Semangat luar biasa, bapak ibu guru dan pustakawan hebat. Besuk kita mulai action untuk perpustakaan kita, menata, menghias, dan memperindah. Mari hidupkan perpustakaan sekolah kita, sehingga menarik dan nyaman untuk dikunjungi seluruh warga sekolah,” ujar Zizi dengan penuh semangat. (ama/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

7 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.