Guru MIMAGA Juara Harapan 2 Mendongeng Kompetisi Literasi Nasional

Kulon Progo (MIMAGA) – Lilis Dwi Sumarni, salah satu guru MIMAGA meraih juara Harapan 2 dalam Lomba Mendongeng yang diselenggarakan oleh Departemen Jaringan Sekolah Indonesia (JSI) – Dompet Dhuafa Pendidikan. Acara yang bertajuk Aksi Literasi Nusantara (AKSARA) digelar dalam rangka menyambut Hari Aksara Internasional yang jatuh pada tanggal 8 September 2020.

Salah satu rangkaian AKSARA adalah Kompetisi Literasi Nasional. Kompetisi ini diperuntukkan bagi seluruh penerima manfaat dan relawan program JSI. Ada beberapa kategori dalam Kompetisi Literasi Nasional ini antara lain; Kategori Pelajar-Lomba membaca Puisi, Kategori Guru/Pengelola TBM-Lomba Mendongeng, Kategori Kepala Sekolah/Madrasah-Lomba Menulis, Kategori Relawan Literasi-Lomba Menulis.

Peserta lomba adalah siswa, guru, kepala sekolah/madrasah dan relawan literasi dampingan JSI-Dompet Dhuafa Pendidikan (Program SLI, SJLI, Perpustakaan Gemari Baca, KOMED, TBM, Duta Gemari Baca, Si Moba, Asosiasi Konsultan).
Adapun ketentuan untuk lomba mendongeng antara lain: peserta adalah guru/pengelola TBM dampingan program JSI-Dompet Dhuafa Pendidikan, setiap sekolah/madrasah/TBM mendaftarkan maksimal 3 peserta, tema dongeng bebas dan tidak mengandung unsur SARA, Durasi waktu mendongeng maksimal 7 menit. Selanjutnya video dikirim maksimal tanggal 8 september 2020 dengan alamat email sekolahliterasi.id@gmail.com selanjutnya video juga di unggah ke media sosial sekolah/madrasah/TBM dengan menandai akun Fb maupun Ig Dompet Dhuafa Pendidikan, sekolahliterasi_id, gemaribaca dan menandai 3 teman dan menambahkan tagar #HariAksaraInternasional, #KompetisiLiterasiNasional,#LombaMemdongeng,#DDPendidikan,#Aksara2020.

Berdasar ketentuan di atas, Kepala Madrasah, Pertiwi Endah Pamungkas, SE, S.Pd. mengharapkan perwakian dari satu guru MIMAGA untuk mengikuti lomba mendongeng tersebut. “saya ingin ada satu atau dua orang guru yang bisa mewakili madrasah kita untuk ikut lomba mendongeng, kompetisi ini tingkat nasional, mari bersama-sama kita majukan madrasah kita. Kita bawa madrasah kita ke tingkat nasional, semoga langkah yang kita ambil senantiasa mendapatkan ridho dari Allah ta’ala,“ ungkap Endah beberapa waktu lalu jelang perlombaan.

“Meskipun mendapatkan juara harapan 2, di sini kami sangat bersyukur dan merasa bangga karena guru kami Lilis Dwi Sumarni dapat mempersembahkan catatan prestasi tingkat nasional di madrasah kami. Ini satu-satunya peserta lomba mendongeng yang kami kirim dari MIMAGA. Semoga ke depan MIMAGA semakin maju berkarya, menjadi madrasah unggul mandiri berkarkter dan mampu memberikan manfaat bagi sesama,” ungkap Endah di madrasahnya, Selasa (15/9/2020) usai menerima pengumuman kejuaraan tersebut.

Adapun hasil pengumuman kejuaraan lomba Mendongeng adalah Juara 1: Ammy Kudo (Komed Bandung), juara 2: Sri Fatmawari (SDN Waringin, Bogor-Perpustakaan Gemari Baca), juara 3: Budiyati (SDN 2 Sentolo, KP-SLI), Harapan 1: Dea Faradika Azri-MIS Azrina, Medan SLI), dan Harapan 2: Lilis Dwi Sumarni(MI Ma’arif Garongan, Jogja-Perpustakaan Gemari Baca).

Lilis Dwi Sumarni menyampaikan rasa syukurnya usai menerima kabar tersebut. “Alhamdulillah puji syukur kepada Allah, terima kasih atas do’a dan dukungan dari bapak/ibu guru MIMAGA dan juga seluruh wali murid MIMAGA, mohon maaf belum bisa menjadi yang terbaik untuk MIMAGA. Namun inilah usaha maksimal dan hadiah dari Allah untuk MIMAGA semoga ke depan akan semakin sukses dan maju atas ridha Allah,” ungkap Lilis bangga.

MIMAGA Mandiri Berkarakter, Madrasah Hebat Bermartabat. (ama/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

8 replies
  1. Lilis Dwi Sumarni
    Lilis Dwi Sumarni says:

    Alhamdulillah, terimakasih atas semua warga MIMAGA yg telah memberikan doa dan dukungannya…dan semua tmn2 saya.🙏🙏🙏

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.