Guru Seni Budaya MTsN 6 Kulon Progo Kolaborasi dengan Motivator Nasional

Kulon Progo (MTsN6KP) – Dalam situasi pandemi Covid-19 berbagai sektor kehidupan terkena dampaknya. Namun bagi Guru Seni Budaya MTsN 6 Kulon Progo, Drs. Sutanto, keadaan ini justru dimanfaatkan dengan berkarya kolaborasi bersama seorang Motivator Nasional yang multi talenta dari Magelang, Fuzna Marzuqoh, SH, CH, CMNLP.

Sutanto yang merupakan alumni Program Studi Seni Musik IKIP Yogyakarta mengatakan, beberapa karya lagu bertema pendidikan, alam, dan tema anak ciptaannya yang dinyanyikan Fuzna adalah: Dengan Bismillah, Negri Mempesona, Jayalah Indonesia, Fatamorgana, Panorama Semesta, Semesta, KYM Keren, Belajar Bersama. Sedangkan lagu ciptaan Fuzna yang diaransemen  oleh Sutanto adalah Hai Kawan dan Keluarga adalah Mutiara.

“Perkenalan saya dengan mbak Fuzna secara tak sengaja, yaitu sama-sama mengikuti workshop puisi daring yang diselenggarakan Komunitas Yuk Menulis pertengahan Juli. Dari situlah kami mulai berkolaborasi, saya menciptakan lagu, membuat iringan, dan mbak Fuzna sebagai vokalis. Jadi sampai hari ini belum pernah bertemu sama sekali, semua dilakukan melalui daring,” ujar Sutanto, Ahad (27/9/2020).

Sutanto menambahkan, dirinya berupaya menyuguhkan lagu yang mampu menggugah semangat anak Indonesia untuk menjadi pribadi karakter. “Semoga apa yang kami lakukan dapat memberikan kontribusi positif, khususnya untuk anak-anak Indonesia,” harapnya.

Fuzna Marzuqoh selain sebagai motivator juga seorang Broadcaster, trainer, Life Coach, dan telah lebih dari 32 tahun berkecimpung di media radio, serta mengelola lebih dari 40 radio di Indonesia, dalam jaringan CPP Radionet. Dia juga tercatat sebagai Dosen di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Magelang ini sudah memberikan pelatihan di berbagai perguruan tinggi, antara lain di UNS, UII, UKSW, Poltekes Kebidanan, dan lain-lain. Juga di beberapa perusahaan, antara lain Telkom, Astra Honda, Toyota Nasmoko, dan sebagainya. Bahkan beberapa kali memberikan pelatihan di beberapa instansi pemerintah dan anggota Dewan. Rutin memberikan pelatihan SDM di puluhan radio–radio terkemuka di Indonesia.

“Meski belum pernah bertemu secara langsung, hanya karena berada di sebuah group WA kepenulisan, pak Tanto dan saya berkolaborasi mencipta hingga puluhan lagu. Saya bukan penyanyi, namun setiap kali memulai seminar saya selalu mengawali dengan menyanyi,” terang Fuzna.

Perempuan yang akrab dipanggil mbak Nana ini menambahkan, di tengah banyaknya lagu-lagu yang diproduksi, perlu diciptakan lagu yang positif dan dapat menggugah semangat. Baik semangat untuk menjadi lebih baik maupun semangat cinta tanah air. Lagu juga bisa dijadikan ekspresi ungkapan syukur atas nikmat Allah. “Kolaborasi adalah cara yang indah untuk bergandeng tangan, sama-sama berkontribusi bagi negara dan sesama,” imbuhnya. (tan/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.