Hadapi KSMO, Siswa MI Ma’arif Plampang Belajar IT

Kulon Progo (MIMAPAN) – Kompetensi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang kompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan Kementerian Agama Republik Indonesia. Tujuan KSM yaitu untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kegiatan KSM tahun 2020 dilaksanakan dengan menggunakan skema online sehingga disebut Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO). Menyikapi hal tersebut, siswa calon peserta KSMO dari MI Ma’arif Plampang belajar IT. Kegiatan berlangsung di madrasahnya, Rabu (16/9/2020).

Kepala MI Ma’arif Plampang, Lestari, S.H., menjelaskan tentang waktu pelaksanaan KSMO tahun ini kepada para guru. “Rencananya pendaftaran secara online akan dilaksanakan tanggal 25 September-23 Oktober 2020. Tanggal 2-3 Oktober dilaksanakan uji coba dari madrasah masing-masing. Pelaksanakan kompetisi tanggal 9-10 November 2020. Pengumuman pemenang tanggal 19 November 2020,” ungkap Lestari.

“Bidang yang dilombakan bagi MI adalah Matematika Terintegrasi dan Sains IPA Terintegrasi. Persyaratan peserta yaitu: WNI, siswa kelas 4, 5, atau 6, menggunggah pakta integritas, dan setiap kategori lomba hanya diperbolehkan satu siswa,” imbuhnya.

Pembimbing KSMO MI Ma’arif Plampang, Marini, S.Pd.I. memberikan arahan kepada siswa calon peserta untuk belajar IT. “Kalian harus belajar cara mengoperasikan laptop agar nanti bisa mengerjakan soal dengan benar dan menjadi pemenang,” ucap Marini.

Siswa calon peserta KSMO MI Ma’arif Plampang belajar IT di madrasah dengan tidak melupakan protokol kesehatan pada masa pandemi, yaitu mengenakan masker, jaga jarak dan cuci tangan pakai sabun. (ynt/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.