Inspiring Library Dompet Dhuafa Yogyakarta Beri Pelatihan di MIMAGA

Kulon Progo (MIMAGA)Inspiring Library merupakan pendampingan perpustakaan yang bertujuan untuk menciptakan suasana membaca yang menarik dan meningkatkan minat baca. Menjadikan perpustakaan hidup dan nyaman untuk dikunjungi adalah impian terwujudnya sebuah perpustakaan. Berkaitan dengan hal inilah Program Inspiring Library Dompet Dhuafa Yogyakarta menyelenggarakan Pelatihan tahap 2 Managemen Perpustakaan di MIMAGA secara tatap muka dengan tetap menerapkan protokol Covid-19, Senin (21/9/2020) pagi.

Kepala Madrasah, Pertiwi Endah Pamungkas, SE, S.Pd menyampaikan bahwa program Inspiring Library Dompet Dhuafa Yogyakarta ini merupakan program perpustakaan yang diberikan untuk MIMAGA dan telah berjalan sejak bulan Januari 2020. “Program ini untuk menghidupkan perpustakaan, mewujudkan perpustakaan yang optimal, menarik dan nyaman untuk dikunjungi. Selain itu memfungsikan perpustakaan sebagai penyimpanan, pendidikan, informasi dan rekreasi adalah tujuan dari adanya program Inspiring Library,” ungkap Endah.

“Pelatihan Managemen Perpustakaan yang diselenggarakan oleh Program Inspiring Library diikuti oleh pustakawan dan seluruh guru MIMAGA serta 2 guru pustakawan dari MIN 3 Kulon Progo,” terang Endah.

Trainer pelatihan Managemen Perpustakaan di MIMAGA, Nur Azizah mengajak seluruh guru mengimplementasikan konsep yang telah diikuti dalam workshop Managemen Perpustakaan secara online hari Kamis lalu. “Dalam pelatihan ini seluruh guru dan pustakawan MIMAGA akan kami ajak action secara langsung, serta akan kami bagi menjadi 4 kelompok kelompok 1 dengan Penanggungjawab Sukamto, S.Pd. Action yang dilakukan bagaimana layout perpustakaan (menghias dan menyingkirkan barang yang tidak berguna), sedang  kelompok 2 dengan Di bawah koordinator Lilis Dwi Sumarni, S.Pd.I. dengan action Display perpustakaan ( jam kunjung, peraturan, bahan kaya bacaan ),” ujarnya.

“Selanjutnya kelompok 3 dengan Penanggungjawab Amanah, S.Pd.I. dengan action Penjejangan buku (cek buku, inventaris sarpras perpustakaan), kelompok 4 dengan dipimpin pustakawan MIMAGA, Nur Yuriati dengan action dalam (pelabelan buku induk, buku peminjam, buku kunjungan dan kartu anggota perpustakaan),” imbuh Zizi (panggilan akrabnya).

“Harapan kami dalam waktu satu bulan dengan dimulainya action hari ini dapat mencapai target bagi Managemen Perpustakaan MIMAGA Library, sehingga akan tercipta perpustakaan yang berfungsi sebagai penyimpanan, pendidikan, informasi dan rekreasi bagi perpustakaan MIMAGA. Setelah itu akan terwujud perpustakaan yang hidup, optimal dalam pelayanan, nyaman dan menarik minat untuk dikunjungi. Satu bulan dari pelatihan hari ini akan kami jadwalkan supervisi untuk perpustakaaan di MIMAGA, jadi kerja keras dan semangat dari bapak ibu guru pustakawan MIMAGA sangat kami harapkan,” tegas Zizi menambahkan.

Sementara itu Pustakawan dari MIN 3 Kulon Progo, Mulyanyo yang ikut dalam pelatihan di MIMAGA ini mengaku perpustakaan di madrasahnya kini sudah tertata rapi. Madrasahnya telah lebih dulu memperoleh program serupa dari Dompet Dhuafa  Yogyakarta. “Alhamdulillah dengan adanya program Inspiring Library dari Dompet Dhuafa Yogyakarta perpustakaan MIN 3 Kulon Progo yang dulu tidak teratur sekarang menjadi tertata rapi, menarik untuk dikunjungi siswa dan warga sekitar. Semoga perpustakaan MIMAGA nantinya juga akan nampak indah dan menarik, terwujud perpustakaan yang optimal, nyaman, menarik minat untuk dikunjungi oleh seluruh warga MIMAGA,”  ungkapnya.

Disisi lain Pustakawan MIMAGA, Nur Yuriati menyampaikan rasa syukurnya telah mendapatkan bimbingan dari program tersebut. “Alhamdulillah ungkapan syukur kepada Allah,  terimakasih kepada seluruh tim yang tergabung dalam IB-DD Yogyakarta dengan diberikannya program Inspiring Library Dompet Dhuafa Yogyakarta perpustakaan MIMAGA dapat lebih tertata dari sebelumnya, terimakasih atas segala bentuk bantuan baik buku maupun sarana perpustakaan yang telah diberikan yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu. Kami mengajak seluruh bapak ibu guru pustakawan MIMAGA untuk maju bersama, bersatu, satu tujuan untuk mengembangkan perpustakaan MIMAGA agar terwujud perpustakaan yang nyaman untuk dikunjungi dan menarik minat baca bagi siswa, juga seluruh warga MIMAGA,” terang Yuri.

MIMAGA Mandiri Berkarakter, Madrasah Hebat Bermartabat. (ama/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

13 replies
  1. Pertiwi
    Pertiwi says:

    Alhamdulillah pelatihan berjalan lancar,semoga bisa segera diwujudkan menjadi perpustakaan yg bermanfaat utk warga madrasah sebagai tempat untuk penyimpanan buku, sarana pendidikan, informasi dan rekreasi bagi siswa mimaga,,semoga Istiqomah,,Aamiin🙏

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.