Kepala MIM Kenteng Juara 3 Lomba Menulis Kompetisi Literasi Nasional

Kulon Progo (MIM Kenteng) – “Berkarakter, Berprestasi, Berbudaya” merupakan jargon yang dijadikan sebagai pendongkrak semangat peserta didik maupun pendidik di MI Muhammadiyah Kenteng. Dalam bidang prestasi bukan hanya fokus pada peserta didiknya, namun guru dan Kepala Madrasahnya juga harus berprestasi supaya terciptanya sinergi yang bagus.

Tanggal 8 September 2020 diperingati sebagai Hari Aksara Internasional. Dalam kesempatan ini Departemen Jaringan Sekolah Indonesia (JSI) – Dompet Dhuafa Pendidikan menyelenggarakan Kompetisi Literasi Nasional. AKSARA. Kepala Madrasah MI Muhammadiyah Kenteng, Rujito, S.Pd.I, M.Pd. berhasil meraih juara 3 Lomba Menulis kategori Kepala Sekolah/Madrasah.
Adapun ketentuan umum berkaitan dengan lomba ini setiap peserta wajib mendaftar secara online pada link http://link.ee/Aksara2020. Tema tulisan yang dilombakan adalah “Praktik Baik Literasi di Sekolah/Madrasah” yang dikirim melalui email sekolahliterasi.id@gmail.com. Timeline kompetisi ini dimulai dari tahap pengumpulan karya, penilaian dan pengumuman dimulai tanggal 1 sampai 14 September 2020.

Kepala Madrasah, Rujito, S.Pd.I., M.Pd. menyebutkan bahwa prestasi tersebut adalah prestasi madrasah juga. “Prestasi ini merupakan prestasi madrasah juga, bukan hanya untuk diri pribadi saya,” ucap Rujito Di sela-sela kegiatan di madrasahnya, Selasa (15/9/2020).

“Tulisan dengan jumlah kata 1.054 kata dalam 6 lembar tersebut kami beri judul Bahagia Berlanjut Berbagi Literasi Kami. Alhamdulillah dampak positif dari adanya program SLI di madrasah banyak kami rasakan, terutama dalam hal kepenulisan,” imbuhnya.

“Program pendampingan yang diberikan oleh KAWAN SLI berjalan selama 2 semester, penerima manfaat program SLI semester pertama yaitu dimulai pada awal November 2019 – awal Mei 2020, dengan pembekalan materi berupa pelatihan, lokakarya (workshop), penugasan, dan pendampingan serta umpan balik atau feedback dari Kawan SLI,“ tambahnya lagi.

“Semangat dalam kepenulisan ini kami tularkan kepada semua guru dan karyawan untuk sedikit demi sedikit belajar menulis di website madrasah sendiri. Selain itu guru kami yang tergabung di kelompok Jurnalis Madrasah Kulon Progo juga menjembatani para guru-guru kami untuk menulis artikel online di website Kantor Kementerian Agama Kulon Progo, website Kanwil Kementerian Agama DIY, website Suara Muhammadiyah, website Dompet Dhuafa Pendidikan, website Sekolah Literasi Indonesia Kulon Progo, website znews.id, website makmal pendidikan.id dan lain sebagainya,” lanjut Rujito menerangkan.

“Kami berharap semoga ghirah literasi bagi keluarga besar MI Muhammadiyah Kenteng baik guru, karyawan, siswa, wali siswa, komite dapat tetap istiqomah. Sehingga apa yang menjadi visi dan misi sekolah dapat terwujud, selain itu kami dapat mencetak generasi penerus bangsa yang aktif, produktif, kompetitif dan religius dapat mengikuti perkembangan di zaman milenial saat ini,” pungkasnya. (ras/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.