Lebih Praktis, MIM Selo Selenggarakan PTS Online

Kulon Progo (MISEL) – Tuntutan digital mengubah paradigma pembelajaran mulai dirasakan oleh stakeholder. Mulai pembelajaran daring, penggunaan berbagai aplikasi online dalam kegiatan pembelajaran, sampai pada teknik evaluasi pembelajaran. Aplikasi yang sudah banyak digunakan saat ini yaitu aplikasi google form. Penilaian Tengah Semester (PTS) sebagai bentuk evaluasi di MI Muhammadiyah Selo sudah menggunakan aplikasi tersebut mulai hari ini, Senin, (21/9/2020).

Orang tua siswa kelas 5 (lima), Sunarti menyambut positif atas metode penilaian dengan aplikasi google form, karena merasakan lebih cepat dan hemat, baik dari waktu pengerjaan soal, maupun caranya saat belajar di rumah (BDR). “Saya mengapresiasi dari pihak Bapak Ibu Guru yang telah memberi soal online melalui HP google form, karena anak saya tidak harus sibuk menulis di kertas lagi meski sedang belajar di rumah,” ujarnya melalui whatsapp.

Kepala MI Muhammadiyah Selo, Supilah, S.Pd.I., M.Pd. mengambil kebijakan Penilaian Tengah Semester (PTS) menggunakan google form supaya mudah dikerjakan oleh siswa, di samping metode ini sebagai tuntutan era digital saat ini. “Semua guru MI Muhammadiyah Selo saat ini sudah mampu membuat soal dengan google form, ini penilaian yang kedua kalinya setelah semester lalu pada saat Penilaian Akhir Tahun (PAT) kami sudah mencoba sistim ini, guru tinggal mengirim link melalui group WA,” paparnya.

PTS MI Muhammadiyah Selo dilaksanakan  Senin-Sabtu (21-26/9/2020). PTS dilaksanakan secara serentak sekolah muhammadiyah di bawah Majelis Pendididkan Dasar dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Kulon Progo. Kurikulum yang digunakan dengan kurikulum darurat Covid-19 atau lebih dikenal dengan kurikulum suplemen.

Sementara itu, siswa kelas 5 (lima), Alfa Alviano Bima Sanjaya mengungkapkan perasaan dengan senang hati mengerjakan soal di handphone android, karena lebih cepat dan hasilnya langsung bisa terlihat ketika sudah selesai. “Pak guru saya senang PTS begini lebih mudah dan cepat selesai”, ungkapnya di whatsapp. (kyt/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.