Lindungi Siswa dari Penyakit, MIMAKO Gelar Imunisasi

Kulon Progo (MIMAKO) – Untuk menjaga kekebalan tubuh anak yang setiap saat bisa menurun, maka anak perlu diberikan vaksin. Walaupun anak sudah mendapatkan vaksin ketika bayi namun dirasa belum cukup apabila hanya diberikan pada usia bayi. Berdasarkan hal tersebut maka Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Kokap bekerjasama dengan Puskesmas I Kokap mengadakan kegiatan imunisasi. Yang menerima imunisasi semua siswa kelas I, serta kelas V dan VI hanya khusus murid perempuan. Jumlah kelas I ada 24 anak, untuk kelas V ada 16 anak sedangkan kelas 6 ada 6.anak.Untuk bias kali ini 2 siswa kelas I belum mengikuti karena sakit. Sebelum BIAS ini dilaksanakan jauh-jauh hari sudah diberikan obat cacing kepada seluruh siswa MIMAKO. Demikian pernyataan Kepala Madrasah, H.Asrorudin, S.Pd.I disela-sela pelaksanaan BIAS, Sabtu, (12/9/2020).

Sebelum pelaksanaan BIAS guru kelas I, Titi Fibriyani, S.Pd.I. memberikan pengarahan kepada siswa tentang manfaat dan tujuan BIAS. Anak kelas I diberikan makanan untuk mengantisipasi bagi anak yang belum sarapan pagi, disamping itu agar anak merasa senang sehingga tidak merasa takut apabila nanti diberikan imunisasi oleh pihak Puskesmas.

Salah satu Petugas Puskesmas, Suharsinah mengutarakan bahwa vaksin untuk kelas I adalah MR (Campak Rubela) berguna untuk perlindungan penyakit campak. Sedangkan vaksin untuk kelas V dan VI adalah HPV, berguna untuk mencegak kanker servik secara dini.

Sementara itu Fajar, S.Pd.I. salah satu guru MIMAKO menjelaskan bahwa pelaksanaan BIAS sudah dipersiapkan pihak madrasah. “Pelaksanaan BIAS sudah dipersiapkan terlebih dahulu hal-hal yang berkaitan dengan pencegahan Covid-19 seperti ruangan yang akan dipergunakan disemprot dengan desintikfektan oleh satuan tugas Covid-19 MIMAKO. Demikian juga sebelum anak dan pengantar memasuki lokasi halaman madrasah di depan pintu gerbang dicek suhu dengan thermogun, kemudian cuci tangan baru anak masuk ruangan dan tetap jaga jarak,” ungkap Fajar.

Ucapan terimakasih diutarakan Kepala Madrasah kepada Puskesmas I Kokap yang telah bekerjasama dengan MIMAKO dengan harapan anak-anak menjadi anak yang sehat.(bnt/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.