MAN 2 Kulon Progo Juara 1 Lomba Ecodiction INDEX 2020

Kulon Progo (MAN2KP) – ‘Bias Kipas’ MAN 2 Kulon Progo akhirnya meraih juara 1 dalam Lomba Ecodiction INDEX (Indonesian Ecology Expo) 2020 yang diselenggarakan Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup, Ahad (13/9/2020).

Salah satu Panitia Lomba, Novia Alfaini menyampaikan bahwa MAN 2 Kulon Progo secara keseluruhan memang unggul. “Dalam semua bidang, MAN 2 Kulon Progo memang unggul pada poinnya. Selain itu edit videonya sangat dipaparkan secara jelas,” ungkap Novia.

Sementara itu, Kepala MAN 2 Kulon Progo, Khoiriyatun, S.Pd., M.Sc. memaparkan bahwa pada rekapitulasi nilai yang dikirimkan panitia pun, dari dua juri yang menilai, MAN 2 Kulon Progo unggul tiga dari empat bidang yang dinilai. Keunggulan itu pertama dari bidang inovasi, kreativitas, dan nilai guna. Kedua, kesesuaian tema dan ketiga kesesuaian bahan baku. Bidang presentasi hanya kalah tipis dengan MAN 1 Bogor. “Sangat bersyukur. Meskipun dalam kondisi pandemi dan anak-anak PJJ, mereka bisa menyumbangkan prestasi tingkat nasional. Siswa Keterampilan Tata Busana kembali membuktikan eksistensi dan kompetensinya untuk terus berkompetisi dan berinovasi. ‘Bias Kipas’ yang diilhami dari kondisi saat ini dan predikat MAN 2 Kulon Progo yang merupakan sekolah Adiwiyata Nasional menuju Adiwiyata Mandiri menjadi motivasi tersendiri. Ditambah, salah satu programnya yakni mengolah daur ulang sampah menjadi busana karnaval dan beberapa kali telah menorehkan prestasinya. Semoga bisa menginspirasi yang lain,” tuturnya.

Kebahagiaan juga terpancar dari renyahnya kata-kata yang disampaikan Muna Faramita Ariqoh melalui pesan whatsappnya. “Perasaan kami senang sekali meski harus mengorbankan waktu belajar online dan bersungguh-sungguh mempersiapkan presentasi final. Bangga bisa mengikuti lomba ini, apalagi tingkat nasional dan meraih juara 1. Bisa mendapatkan pengalaman dan juga membuat orangtua, Bapak/Ibu guru, dan guru pembimbing bahagia. Harapan kami, semoga semakin banyak ilmu dan pengalaman yang kami dapatkan dan semakin maju, sukses ke depannya,” ungkap Muna mewakili dua temannya, Amalia Eacy Wulandari dan Intan Widiyawati.

“Lebih membanggakan lagi, dari lima tim yang masuk finalis, keempatnya dari madrasah yakni MAN 2 Kulon Progo Juara 1, MAN 1 Bogor Juara 2, MAN 1 Madiun mengirimkan dua tim dan berpredikat Juara 3 dan 4, dan satu lagi dari Universitas Negeri Jakarta Juara 5. Saya makin bangga menjadi siswa madrasah, apalagi sekolah di MAN 2 Kulon Progo,” tambahnya. (ast/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

7 replies
  1. Dwi kurniyati
    Dwi kurniyati says:

    Alhamdulillah, selamat untuk kalian, semoga untuk ke depan bisa disusul adik-adiknya dalam meraih prestasi demi MANDAKU

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.