Masa Pandemi, Pengawas Madrasah Tetap Lakukan Supervisi Guru di MTs Mahuda

Kulon Progo (MTs Mahuda) – Kegiatan supervisi administrasi guru di MTs Mafatihul Huda Karangwuluh merupakan kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahunnya. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan dan kinerja tenaga kependidikan di madrasah dalam melaksanakan tugas. Meski di masa pandemi Covid-19, Pengawas Madrasah Kulon Progo, Barokatussolihah, S.Ag, M.SI tetap melakukan supervisi administrasi guru di MTs Mafatihul Huda, Kamis (17/9/2020). Kegiatan supervisi ini diselingi dengan Uji Publik Dokumen KTSP yang disampaikan langsung oleh Waka Kurikulum MTs Mafatihul Huda, Supriyadi, S.Pd.

Kegiatan supervisi ini disambut baik oleh kepala MTs Mafatihul Huda. Dalam sambutannya, kepala madrasah Mahuda menyampaikan bagaimana proses pembelajaran yang dilaksanakan di MTs Mafatihul Huda yang berbasis pesantren.

“Semua siswa disini sudah menjalani karantina dan masuk tanggal 21 Juli 2020. Untuk KBM dengan jadwal darurat masuk hanya sampai jam 11.30. Penyelenggaraan KBM belum bisa sempurna, masih banyak belajar dari ibu pengawas, Bu Barokatussolihah,” ujar Luluk Junaidi Khoirul Huda, S.Pd. I, selaku Kepala Madrasah Mahuda.

Sementara itu, Pengawas Madrasah yang biasa dipanggil Ika menyampaikan beberapa point penting terkait pembelajaran di masa pandemi ini, baik dari segi pengembangan kurikulum, kegiatan PMB di madrasah, pengelolaan kelas,  maupun SOP madrasah selama pandemi. Selain itu, pengawas juga memotivasi bapak dan ibu guru agar selalu bisa 3M (menata rasa, menata hati, dan menata kata) serta menjauhi 3 Ang (anggrundel, angomyang, dan anggembosi).

Menurut pengawas, dokumen yang diperiksa di masa pandemi ini adalah administrasi guru masa darurat yang terdiri dari jadwal pelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), nilai hasil belajar, daftar hadir siswa, serta jurnal kegiatan harian guru.

“Alhamdulillah, administrasi bapak dan ibu guru sebagian besar sudah lengkap. Kekurangannya tidak fatal, hanya pada pemberian cap dan tanda tangan saja,” tuturnya. (lin/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.