MI Al Falaah Muhammadiyah Kaliwiru Gelar Workshop Media Pembelajaran Berbasis ICT

Kulon Progo (MI Al Falaah) – MI Al-Falaah Muhammadiyah Kaliwiru menggelar Workshop dan pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran di Era Covid-19 yang berbasis Video ICT. Kegiatan ini dilakukan sebagai perbaikan mutu generasi, khususnya siswa/siswi yang ada di lingkup pendidikan MI Al-Falaah Muhammadiyah Kaliwiru. Kegiatan ini bekerjasama dengan Mahasiswa Magister Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan, yang tengah melakukan program dari kampus untuk pengabdian kepada Masyarakat. Acara berlangsung Selasa (22/9/ 2020).

Kegiatan yang dilakukan sesuai aturan yang telah ditetapkan dimasa pandemi dengan melaksanakan protokol kesehatan mulai cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau menggunakan Hand Sanitizer, ukur suhu badan, menjaga jarak hingga melaksanakan kegiatan maksimal pertemuan sampai ba’da dzuhur.

Kepala MI Al-Falaah Muhammadiyah Kaliwiru menyampaikan antusiasannya dalam mengikuti kegiatan dan sangat membuka diri kegiatan ini. Pelaksanaan workshop dipandu oleh Dosen Universitas Ahmad Dahlan, Dr. MHD. Lailan Arqam, M.Pd. yang sekaligus menjadi dosen pembimbing mahasiswa Magister Pendidikan Agama Islam. Kemudian acara dilajutkan dengan pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis ICT yang disampaikan oleh perwakilan Mahasiswa MPAI UAD.

Ketua PRODAMAT, Afids Nurohman memberikan apresiasi yang luar biasa terhadap  semangat para tenaga pendidik. “Guru-guru MI Al-Falaah sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini. Saya merasa sangat bangga karena di era pandemi ini  para tenaga pendidik tetap semangat dalam melaksanakan tugasnya. Dewan guru di sini masih melaksanakan aktivitas luring karena juga keterbatasan media dan jaringan dari para siswa,” ungkapnya.

Afids  juga menyampaikan tujuan diadakannya Program Pemberdayaan Umat dengan mengangkat tema pengembangan media pembelajaran berbasis ICT berlatar belakang dari permasalahan yang dihadapi oleh madrasah tersebut. “Dari hal itu kami berikhtiar agar adanya perubahan dari segi SDM untuk kelangsungan generasi selanjutnya yaitu siswa/siswi berbasis teknologi untuk penyampaian materi pembelajaran,” imbuhnya.

Sementara itu  Kepala MI Al Falaah Muhammadiyah Kaliwiru, Yeni Muharomah menyambut baik dan mengapresiasi  kepada Mahasiswa Magister Agama Islam yang telah memfasilitasi dan memberikan pengetahuan baru terkait Media pembelajaran. “Untuk program pengabdian masyarakat sangat tepat sasarannya di wilayah ini, karena guru-guru belum tahu dan paham penggunaan platform ICT,” ujar Yeni. (ymr/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.