Najya, Siswa MTsN 5 Kulon Progo Juara 3 Lomba Video Geguritan

Kulon Progo (MTsN5KP) – Di tengah kondisi pandemi saat ini, siswa MTsN 5 Kulon Progo berhasil menorehkan prestasi. Salah satu siswa kelas IX, Najya Salsabila Firdasari, berhasil meraih juara 3 pada lomba video baca geguritan tingkat SMP/MTs se-Kulon Progo yang diadakan oleh SMA N 1 Sentolo. Lomba ini adalah bagian dari rangkaian lomba pada kegiatan HUT SMA N 1 Sentolo ke-41 yang tahun ini mengusung tema “4hieve and 1ntegrity”.

Pengumpulan video geguritan dilaksanakan mulai tanggal 24 – 27 Agustus 2020. Setiap peserta membaca satu geguritan wajib dan satu geguritan pilihan yang telah disediakan oleh panitia. Seluruh peserta juga wajib memakai pakaian adat Jawa gaya Yogyakarta pada saat membaca geguritan.

Penjurian dilaksanakan Senin (31/8/2020) bertempat di Ruang Rapat SMAN 1 Sentolo. Najya yang bersaing dengan 21 peserta lainnya, berhasil meraih juara ke-3 setelah juri memberikan skor total 178. Skor ini hanya terpaut 2 poin saja dari juara ke-2 dan 7 poin dari juara pertama. Adapun kriteria penilaian dalam lomba ini meliputi: Wiraga (peragaan seluruh anggota tubuh), Wirama (intonasi atau tinggi rendahnya nada), Wirasa (Ekspresi muka yang sesuai dengan isi geguritan), dan Wicara (Artikulasi serta kejelasan pengucapan).

Puncak kegiatan rangkaian lomba HUT SMAN 1 Sentolo dilaksanakan hari Kamis (3/9/2020), yakni berupa upacara penerimaan hadiah lomba. Peserta yang hadir kembali mengenakan pakaian adat Jawa gaya Yogyakarta. Najya merasa senang dan bangga setelah menerima piala. “Alhamdulillah, senang rasanya bisa meraih juara 3,” ucapnya singkat.

Annurrahman, S.Pd., guru yang mendampinginya juga merasa bangga dengan berbagai prestasi yang telah ditorehkan Najya. “Najya memang dikenal di madrasah sebagai siswa yang pandai dan multi talenta. Bagaimana tidak, ini merupakan piala kedua yang dia raih tahun ini setelah bulan Januari lalu ia juga meraih piala sebagai juara 1 lomba tenis meja yang diadakan di MAN 5 Sleman,” ungkapnya bangga. (mic/abi)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.