Pemeriksaan Ganda, BIAS Screening di MIM Selo

Kulon Progo (MISEL) – Tertib mengikuti protokol kesehatan, yakni memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak, bertempat di MI Muhammadiyah Selo siswa mengikuti pemeriksaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) dan Screening kesehatan yang dilaksanakan oleh Puskesmas Kokap I di madrasah setempat, Kamis (17/9/2020).

Petugas Medis Rafika Dewi Indri Astuti, S.Kep. Ns. disela-sela memeriksa berpesan kepada para siswa agar tidak takut diperiksa. “Kalian tidak perlu takut diperiksa ya, supaya selalu sehat dan bisa belajar dengan tenang,” tuturnya dihadapan siswa dan orangtua yang mendampinginya.

BIAS dan screening bertujuan menjaga kesehatan pada anak usia sekolah, khususnya jenjang pendidikan dasar SD/MI secara berkala setiap 6 (enam) bulan. Dimasa pandemi Covid-19, screening dilaksanakan dengan 2 (dua) cara yaitu sistim angket manual dan online memakai google form.

MI Muhammadiyah Selo memilih metode google form, karena lebih efektif dan efisien. Guru kelas 5 (lima), Sukiyat, S.Ag., M.Pd. menegaskan bahwa siswa dan orangtua sudah siap dengan google form. “Kami saat ini lebih siap dengan google form, karena kemarin saat Penilaian Akhir Tahun (PAT) sudah memulai dengan metode ini, sehingga lebih mudah, orangtua siswa juga sudah semua siap,” ucapnya.

Sementara itu guru kelas 1 (satu), Henti Widiastuti, S.Pd.I. menjelaskan jika pemerikasaan BIAS hanya untuk kelas 1 (satu) putra putri, serta kelas 5 dan 6 (lima-enam) khusus putri saja. “Alhamdulillah BIAS Screening hari ini berjalan lancar tidak ada yang lari-lari, meskipun ada satu siswa yang tidak hadir karena sakit,” ujarnya. (kyt/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.