Semangat Olahraga MIM Kenteng Gebrak Produktivitas Dalam Rangka Haornas

Kulon Progo (MIM Kenteng) – Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Dalam masa pandemi ini perlu diisi dengan kegiatan yang produktif dan menyehatkan tubuh tentunya. MIM Kenteng mengajak kepada seluruh warga madrasah untuk tetap melakukan kegiatan olahraga selama pembelajaran jarak jauh/di rumah masing-masing.

Kepala Madrasah, Rujito, S.Pd.I., M.Pd. di sela kesibukannya, Jum’at (11/9/2020) menyebutkan bahwa olahraga menjadi upaya peningkatan daya tahan tubuh. “Kegiatan olahaga untuk saat ini menjadi salah satu upaya peningkatan imun tubuh, badan menjadi sehat, bugar, dan tentunya dapat menanggulangi penyakit yang akan menyerang tubuh. Momen yang sangat bagus juga untuk memeriahkan HAORNAS (Hari Olahraga Nasional) tahun 2020. Berprestasi di bidang olahraga juga menjadi bentuk keaktifan dan produktivitas madrasah di masa pandemi saat ini, ” tuturnya.

“Berkaitan dengan kegiatan olahraga, guru kami Rizco Ardian Saputro, S.Pd dan Rita Febri Subarni didelegasikan untuk ikut sebagai pendamping instruktur senam di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo setiap Jum’at pagi di halaman Gedung Sadewa. Adapun Instrukturnya adalah Maryuni, S.Pd dari SD N Proman Kokap, Rr Sumiyati, S.Pd.Jas guru SD N Kembangmalang Panjatan dan Sujiyem, S.Pd.Jas guru SD N Patragaten Lendah,” imbuh Rujito.

Tim Dance Sport MIM Kenteng yang dipimpin oleh Rizco Ardian Saputro, S.Pd. juga membuat konten video senam yang diperuntukkan bagi anak-anak untuk mengisi kegiatan olahraga di rumah, beseta orangtua/wali dan umum. Video senamnya dapat diakses melalui akun youtube MI Muh Kenteng. Sudah terdapat 2 jenis senam, diantaranya senam Tiktok You Know Il Got Get Dance, senam Warming up Streching, senam terbaru yang akan dirilis adalah Low Impact dan senam High Impact yang bekerjasama dengan LSBO PDM, ASBO PDPM Kulon Progo, Sanggar Senam dan LKP Segar Sleman serta Universitas Ahmad Dahlan.

Rizco Ardian Saputro, S.Pd. selaku penanggung jawab kegiatan perlombaan dan event siswa menjelaskan bahwa MIM Kenteng selalu siap mendelegasikan anak-anak diberbagai event. “Setiap event olahraga MIM Kenteng juga mendelegasikan siswa-siswinya untuk ikut serta memeriahkan. Salah satunya adalah lomba foto model kegiatan olahraga yang dilaksanakan oleh Ketua Kegiatan Siswa Kapanewon Sentolo atas himbauan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo. MIM Kenteng mendelegasikan 7 siswa diantaranya adalah Roni, Imam, Yusuf, Farel, Candra, Tama, Satya. Semua anak ada dibagi untuk praktek olahraga badminton, sepak bola dan lari sprint di lapangan Demangrejo dan lapangan badminton Kenteng,” jelasnya.

Adapun prestasi di bidang olahraga lainnya yaitu guru MIM Kenteng mendapatkan beasiswa sekolah instruktur senam oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Pusat Jakarta melalui Sanggar Senam dan LPK Sedan Sleman Yogyakarta selama 2,5 bulan yang dimulai dari bulan September sampai pertengahan Desember 2 tahun ini atas nama Rita Febri Subarni dan Rizco Ardian Saputro, S.Pd.

Prestasi selanjutnya di bidang dragbike guru MIM Kenteng, Ary Mukhlis, M.Pd merupakan atlet balap sepeda gunung yang berhasil memperoleh beberapa event juara baik lokal maupun nasional. Ia juga aktif tergabung di beberapa komunitas sepeda di Kulon Progo.  Begitu pula guru MIM Kenteng lainnya Rudiyanto,S.Pd.I juga tergabung dalam komunitas sepeda yang sama.

“Komunitas sepeda Speznunt Wates menyelenggarakan lomba Drag bike menempuh jarak sekitar 100 m di lokasi puncak Dipowono Canting. Sebelum lomba dimulai, peserta harus bersepeda mulai dari Wates menuju puncak Dipowono melewati rute Waduk Sermo-Rumah Pintar-Soropati-Clapar-Canting Mas. Rute ini cukup menantang karena harus melewati medan dengan elevasi yang cukup ekstrim dan panjang. Lomba Drag bike ini diikuti sebagian besar anggota komunitas Speznunt dengan sistem batle dipasangkan dan di adu kecepatan bersepedanya. Diambil 3 peserta tercepat dan mendapatkan bingkisan menarik dari para sponsor,” ungkap Ary Mukhlis. (ras/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.