Siswa MIMAPAN Mengaji di Rumah Ustadzah

Kulon Progo (MIMAPAN) – Sebelum ada pandemi, Siswa MI Ma’arif Plampang setiap pagi sebelum pelajaran dimulai mengaji dulu di Madrasah Diniyah An-Najmi yang berada tidak jauh dari madrasah. MI Ma’arif Plampang bekerjasama dengan MADIN An-Najmi sejak tahun 2019. Kerjasama tersebut bertujuan agar siswa lebih terkontrol dalam mengaji, madrasah juga dapat memantau apakah siswa mengaji atau tidak. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala MI Ma’arif Plampang, Lestari, S.H. di madrasahnya, Sabtu (26/9/2020).

“Siswa MI Ma’arif Plampang yang sebelum ada pandemi mengaji di MADIN An-Najmi setiap pagi sebelum pelajaran di mulai, sekarang tidak bisa lagi karena siswa madrasah BDR. Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat siswa MI Ma’arif Plampang untuk mengaji. Menyikapi masa pandemi ini MADIN mengambil jalan tengah yaitu siswa dibagi dalam empat kelompok dalam mengaji. Untuk menghindari kerumunan, siswa tidak mengaji di MADIN tetapi mengaji di rumah para ustadzah,” kata Lestari.

Penanggung jawab MADIN An-Najmi, Wasim mengatakan bahwa karena ada pandemi maka agar tidak berkerumun siswa mengaji di rumah para ustadzah. “Untuk menyikapi pandemi ini maka siswa kami bagi dalam empat kelompok untuk mengaji di rumah para ustadzah. Ustadzah kami ada empat orang yaitu ustadzah Lasidah, ustadzah Zumroh, ustadzah Supatmiasih dan ustadzah Suratinah. Siswa setiap hari mengaji di rumah ustadzah yang jaraknya paling dekat dengan rumahnya,” terang Wasim.

Salah satu ustadzah MADIN An-Najmi, Supatmiasih mengatakan senang bisa mengajar ngaji di rumah, walaupun harus meluangkan waktu di sela-sela kesibukannya mengurus rumah tangga. “Saya merasa senang mengajar ngaji di rumah walaupun agak kerepotan karena sambil mengasuh anak saya yang usianya baru satu tahun. Kasihan jika karena ada pandemi anak-anak tidak bisa mengaji,” ujarnya.

Lain lagi dengan ustadzah Lasidah yang mengajar ngaji di mushala dekat tempat tinggalnya. Lasidah mengungkapkan bahwa anak-anak antusias dalam mengaji. “Sekarang anak-anak mengaji di mushala dekat rumah saya. Mereka antusias dalam belajar meskipun dalam kondisi pandemi seperti sekarang. Beberapa anak diantar oleh orang tuanya sedangkan sebagian sudah berani berangkat mengaji sendiri,” ungkapnya. (ynt).

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.