Siswa MIMASA Berkreasi dengan Barang Bekas di Rumah

Kulon Progo (MIMASA) – Sampah yang menumpuk dapat mencemari lingkungan dan menganggu kesehatan organ pernafasan. Banyak sekali barang bekas yang sudah tidak berguna kemudian dibuang di tempat sampah. Pembelajaran Tematik kelas V Tema 2 St 3 Pb 3 Tentang Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia. Di pembelajaran tersebut secara daring siswa diminta untuk membuat berbagai macam bentuk apa saja dengan menggunakan barang yang sudah tidak terpakai di rumah. Sebanyak 10 siswa berkreasi dengan barang bekas untuk didaur ulang, dibuat bermacam-macam bentuk. Kegiatan tersebut dilaksanakan Selasa, (22/9/2020).

Kepala Madrasah, H. Rohadi, S.Ag., M.SI. mengatakan di masa pembelajaran daring ini memang dibutuhkan kreasi-kreasi untuk menumbuhkan semangat siswa dalam belajar di rumah, sehingga siswa juga merasa terhibur dan tidak jenuh dengan membuat kreasi yang sesuai dengan pembelajaran tematik. “Kreasi yang dibuat di rumah juga sebagai bahan untuk akreditasi dan sebagai pembelajaran praktik di rumah,” ujar Rohadi.

Guru kelas V, Mutho’atul Badriyah memberikan penjelasan secara daring melalui Handphone bahwa pada pembelajaran Tematik di Tema 2 Sub Tema 3 Pembelajaran 3 di kelas V terdapat poin para pemulung mengumpulkan botol-botol plastik, koran bekas, majalah bekas, dan benda-benda lain yang dapat diolah lagi.

“Saya meminta kepada siswa untuk mencari barang bekas misal botol, kardus, dan lain-lain dibuat kreasi sesuai dengan keinginan siswa sendiri, ada yang membuat tempat buku dari kardus, ada yang membuat mobil-mobilan dari botol bekas, membuat mobil dari botol oli, dan masih banyak lagi. Saya juga memberi reward yang kreasinya bagus dan menarik,” kata Mutho’atul Badriyah.

“Tujuan saya memberi reward agar siswa lebih semangat lagi dan tidak jenuh dalam belajar daring,” pungkasnya. (dyh/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.