Tingkatkan imunitas Siswa, MIM Kenteng Laksanakan BIAS dan Skrining

Kulon Progo (MIM Kenteng) – Dalam rangka meningkatkan kekebalan anak sekolah/madrasah terhadap penyakit, maka MIM Kenteng bersama dengan Puskesmas II Sentolo melaksanakan pemberian imunisasi terhadap anak kelas I, V, dan VI. Kegiatan tersebut dilaksanakan di madrasah setempat, Senin (14/9/2020).

Pemberian imunisasi dilakukan pada kelas I (untuk siswa putra dan putri) ada 18 siswa yaitu imunisasi Campak Rubella. Kelas V dan Kelas VI ada 18 siswa (untuk siswa putri) yaitu imunisasi HPV. Total anak yang diberi imunisasi mencapai 36 siswa.

Kepala Madrasah, Rujito, S.Pd.I, M.Pd. menyebutkan bahwa imunisasi tersebut berguna untuk menjaga kekebalan tubuh dan mencegah terhadap penyakit. “Pemberian imunisai terhadap anak-anak kami dimaksudkan sebagai upaya memberikan kekebalan dan pencegahan terhadap penyakit Campak Rubella serta mencegah penyakit Kangker Leher Rahim agar tidak mewabah seperti kejadian pandemi Covid-19 saat ini. Tim medis dari Puskesmas II Sentolo juga dibantu oleh para wali murid dan wali kelas masing-masing untuk pengkondisian siswa,” jelasnya.

“Perlu kami informasikan bahwa sebelum pelaksanaan imunisasi, orangtua wajib menulis jawaban form pra imunisasi. Ditulis pada selembar kertas dan dibawa saat pelaksanaan BIAS di madrasah. Sebagai persiapan pelaksanaan imunisasi BIAS siswa dianjurkan agar sarapan pagi, tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu dengan memakai masker, mencuci tangan, cek suhu badan sebelum masuk kelas dan menjaga jarak,” tambahnya.

Pelaksanaan BIAS dilakukan dengan kerjasama oleh Puskesmas Sentolo II yang dipimpin oleh Siti Aminah dan timnya. Seluruh perawat yang datang berjumlah 4 orang, semuanya memakai APD yang lengkap demi keselamatan bersama.

“Selain pemberian imunisasi, kami juga melakukan skrining kepada siswa-siswi MI Muhammadiyah Kenteng, sebagai bahan asesmen terhadap perkembangan fisik maupun psikis siswa. Selain itu juga tes ketajaman mata siswa meminimalisir ditemukannya penyakit mata seperti rabun jauh, rabun dekat atau buta warna,” tutur Siti Aminah di Kantor MIM Kenteng. (ras/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.