Apel Hingga Ngaji Serentak, Peringatan HSN di MTsN 4 Kulon Progo

Kulon Progo (MTsN4KP) – Beberapa agenda dilaksanakan dalam rangka memeringati Hari Santri Nasional, Kamis (22/10/2020). Diawali dengan pelaksanaan apel terbatas di Halaman MTsN 4 Kulon Progo yang diikuti oleh guru, pegawai, dan sebagian pengurus OSIS, agenda tahun ini terasa sedikit berbeda. Akan tetapi hal tersebut tidak mengurangi esensinya. Madrasah harus tetap mengedepankan protokol kesehatan. Sesuai dengan tema peringatan tahun ini, Santri Sehat Indonesia Kuat.

Kepala MTsN 4 Kulon Progo, Drs. Sukarlan mengatakan bahwa peringatan tersebut untuk mengenang Resolusi Jihad. “Bahwasannya hari santri diperingati untuk mengenang bagaimana para santri bersama ulama mengumandangkan resolusi jihad guna memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Hal tersebut sebagai cerminan dari hubbul wathan minal iman, cinta tanah air sebagian dari iman,” papar Sukarlan dalam apel.

“Mari kita lanjutkan apa yang menjadi cita-cita para ulama dan santri untuk NKRI tercinta. Sebagai pelajar, tentunya dengan giat belajar dan tiada putus dalam mencari ilmu,” tambahnya.

Usai apel terbatas di madrasah, para guru dan pegawai kemudian mengikuti live streaming upacara yang disiarkan baik dari Kemenag Kabupaten, Kanwil Kemenag DIY, maupun Kementerian Agama RI.
Tak hanya para guru, di hari yang sama, perwakilan siswa yang tergabung dalam calon pengurus osis, berkesempatan adakan peringatan hari santri secara sederhana dengan mengumandangkan asmaul husna. Sedianya, kegiatan ini akan menjadi salah satu program kerja divisi keagamaan OSIS MTsN 4 Kulon Progo Masa Bakti 2020/2021 yang akan mengikuti LDKS Senin depan.

Sementara itu, dari kediaman masing-masing, siswa akan menggelar gerakan ngaji serentak bakda maghrib. Hal ini sekaligus untuk memulai kembali gerakan serupa yang pernah dicanangkan Kementerian Agama beberapa tahun silam. Ini menjadi semacam penyegaran kembali bagi siswa khususnya, dan semua civitas akademika MTsN 4 Kulon Progo untuk membiasakan mengaji bakda maghrib. Bahkan dari guru PAI telah mencanangkan One PeopleOne Juz.

“Bagi saya, yang penting anak-anak itu ngaji tiap hari secara rutin,” tegas Waka Kesiswaan, R. Fajar Ismayakati,S.Pd.

Hal ini dipertegas bahwa misi dari gerakan ini adalah pembiasaan kepada siswa, agar memanfaatkan waktu dari maghrib hingga Isyak untuk mengaji. (siw/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

26 replies
  1. Nelsa Zharifa Ayu Nugroho
    Nelsa Zharifa Ayu Nugroho says:

    Ayo rutinkan ngaji ba’da magrib,,,, tidak hanya pas hari santri saja tetapi setiap hari

    Santri sehat Indonesia kuat
    Merdeka

    Balas
  2. Nelsa Zharifa Ayu Nugroho
    Nelsa Zharifa Ayu Nugroho says:

    Ayoo rutinkan ngaji ba’da magrib
    ,,,tidak hanya pas hari santri saja tetapi setiap hari

    Santri sehat Indonesia kuat
    Merdeka

    Balas
  3. Reysa Halwa R
    Reysa Halwa R says:

    Selamat Hari Santri Nasional. Jangan hanya bangga menjadi santri. Tetapi, bangga dengan kontribusi yang bisa diberikan sebagai seorang santri kepada negeri:)

    Balas
  4. Novika Nur H.
    Novika Nur H. says:

    Walaupun sekarang sedang ada pandemi covid 19 jangan sampai menjadi penghalang untuk mengaji setiap hari, semoga pandemi ini cepat berlalu… Amin

    Balas
  5. Elis Setyaningrum
    Elis Setyaningrum says:

    Semoga dengan adanya ngaji ba’da maghrib diharapkan semua siswa bisa mengaji, dan sukses untuk kedepannya

    Balas
  6. Elis Setyaningrum
    Elis Setyaningrum says:

    Semoga dengan adanya ngaji ba’da maghrib diharapkan semua siswa lebih semangat mengaji dan rajin mengaji

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.